Home Nasional Mencari Dana Pembangunan, Gubernur Sumatera Barat Blusukan ke Tiga Kementerian

Mencari Dana Pembangunan, Gubernur Sumatera Barat Blusukan ke Tiga Kementerian

TELENEWS.ID – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi benar-benar memanfaatkan keberadaannya di Jakarta untuk berupaya membawa dana pembangunan dari pusat ke daerah yang ia pimpin. Di ibu kota, dia bahkan langsung menyambangi tiga kementerian sekaligus.

Kunjungan pertama dilakukan mantan Wali Kota Padang itu ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Di hadapan Menteri Basuki Hadimuljono, dia memaparkan progress pembangunan Infrastruktur di Sumatera Barat. Tak lupa dia menyampaikan usulan percepatan pembangunan yang akan dituangkan dalam penganggaran APBN 2022.

“Ada beberapa sektor yang perlu dipercepat di bidang Bina Marga seperti pembangunan jalan yang telah diusulkan kementerian PUPR melalui Konsultasi Regional (Konreg) 2021 dan nantinya akan dianggarkan sebesar Rp 120 miliar pada 2022,” ucapnya.

Beberapa proyek yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR antara lain pembangunan ruas jalan Bunga Tanjung ke Teluk Tapang Kabupaten Pasaman Barat sepanjang 25 km. Juga pembangunan ruas jalan Duku – Sicincin di Kabupaten Pariaman yang nantinya merupakan akses ke Kawasan Main Stadion Sumbar.

Kemudian ada beberapa pembangunan jalan yang masuk dalam prioritas proyek nasional yaitu pembangunan fly over Sitinjau Lauik sepanjang 2,6 KM. Dia menjelaskan bahwa jalur tersebut merupakan jalur logistik dan sering terjadi kecelakaan. Karena pembangunannya cukup mendesak, hal sama juga telah dibahas sebelumnya dan telah diusulkan ke Kementerian Maritim dan Investasi.

Berikutnya ada pembangunan Tempat pembuangan akhir (TPA), irigasi, normalisasi sungai dan penyediaan rusunawa. Anggaran yang dibutuhkan mendukung proyek tersebut mencapai triliunan rupiah. Menteri Basuki meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berperan aktif berkoordinasi dengan beberapa kementerian, terutama Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi untuk mendukung percepatan penyelesaian proyek tersebut.

Baca juga :  Presiden Minta Monitoring dan Evaluasi memasuki News Normal Terus Dilakukan

Kementerian kedua yang juga disambangi Mahyeldi adalah Kementerian Investasi di Kawasan Gatot Subroto Jakarta. Dalam perbincangannya dengan Menteri Bahlil Lahadalia, politisi PKS itu menyampaikan bahwa beberapa perusahaan akan berinvestasi di daerahnya. Ia bahkan menyebut kalau jumlah mencapai Rp 150 triliun.

Dia berharap rencana itu dapat terealisasi tahun ini juga. Karenanya, diperlukan gerak cepat supaya program investasi berjalan sesuai rel. Apalagi, pemerintah pusat turut mendukung penuh usaha tersebut.

“Menteri Bahlil sangat mendukung investasi di Sumatera Barat. Beberapa program yang diusulkan, direspon baik oleh beliau. Semangat muda Pak Menteri memacu Kita untuk bekerja lebih keras mendatangkan investasi ke Sumbar. Beliau malah menginisiasi agar diadakan rakor gubernur se-Sumatera yang dilaksanakan di Sumatera Barat,” sebutnya.

Dia menjelaskan bahwa begitu banyak potensi daerah di Sumatera Barat yang bisa dijadikan lahan investasi, seperti pertanian, dimana lahan di daerah tersebut cukup luas. Di bidang kelautan, budidaya tuna disebutnya belum maksimal digarap. Di samping itu, Sumatera Barat juga dipenuhi pulau-pulau yang eksotik yang dapat jadi lahan investasi di sektor pariwisata.

Baca juga :  Tanggapan Maki Atas Perkembangan Persidangan Korupsi Jiwasraya

Kementerian terakhir yang disambangi adalah Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang dipimpin Luhut Binsar Panjaitan. Pada kesempatan tersebut, dia melaporkan hasil evaluasi percepatan infrastruktur Sumatera Barat yang selama ini dikoordinasikan oleh Menko Marves.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi percepatan infrastruktur Sumatera Barat pada Maret lalu yang dipimpin langsung Menko Marves lewat video conference.

“Menteri Luhut minta satu bulan berikutnya harus ada laporan evaluasi kemajuan,” terangnya. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...