Home Gaya hidup Kesehatan Menelisik Kemungkinan Transgender Wanita Bisa Hamil

Menelisik Kemungkinan Transgender Wanita Bisa Hamil

TELENEWS.ID – Lucinta Luna mendadak menjadi topik pembicaraan di media sosial, setelah membuat video pendek di instagram pribadi miliknya. Bukan video yang mencolok dengan lekuk tubuhnya, hanya saja Ia sedang mengacungkan testpack dengan ada dua garis yang menandakan kehamilan.

Sontak jagat media sosial geger, benarkah testpack yang dipegang Lucinta Luna adalah miliknya? Memang benar pengadilan telah menetapkan Lucinta Luna menjadi perempuan dan menjadi salah satu transgender secara resmi di mata negara, tetapi apakah setelah berganti kelamin lantas bisa hamil seperti wanita pada umumnya?.

Dilansir dari medical News Today, siapa pun yang terlahir memiliki rahim dan ovarium, maka dapat dimungkinkan untuk hamil hingga melahirkan, sedangkan yang terlahir dengan kondisi demikian adalah wanita. Sudah jelas, pria tidak akan mungkin hamil.

Bagaimana dengan wanita transgender apakah mungkin bisa hamil? Tentu saja tidak, seseorang dapat hamil jika memiliki rahim, inilah yang menjadi tempat rahim berkembang biak. Jadi, wanita transgender terlahir sebagai pria dengan organ reproduksi testis dan penis, tentu saja tidak akan bisa hamil.

Sedangkan dalam beberapa kasus, wanita transgender yang berhubungan dengan pria normal maka tidak mungkin menghasilkan kehamilan. Kecuali melakukan transplantasi rahim, ini tindakan yang rumit dan tidak banyak disarankan. Pasalnya akan menguras emosi, kesehatan fisik dan sosial, bahkan hal ini harus mendapatkan persetujuan dan observasi dari dokter.

Sedangkan sebaliknya, pria transgender masih mungkin untuk hamil. Ini bisa dilakukan dengan metode terapi testosterone. Dilansir dari Research Trusted, ada kemungkinan pria transgender hamil setelah melakukan terapi testosteron selama 6 bulan dan menghentikan menstruasi minimal 12 bulan.

Namun cara ini juga tidak disarankan, jika nantinya bisa hamil maka kemungkinan akan terjadi kelainan pada bayi atau ibu saat melahirkan. Beberapa kejadian sudah menunjukkan, saat persalinan bisa terjadi persalinan prematur, solusio plasenta hingga kondisi ibu yang mengalami anemia hingga hipertensi.

Baca juga :  Hindari 7 Makanan ini Untuk Sarapan

Lantas bagaimana Lucinta Luna bisa mendapatkan hasil testpack dua garis? Apakah memungkinkan wanita transgender akhirnya bisa hamil? Ternyata ada seorang dokter dengan akun @badassdoctor, yang turut mengomentari postingan Lucinta Luna dan mengatakan jika testpack yang positif itu disebabkan karena terjadi kenaikan hormon BETA-HCG, ini jelas akan mengarah pada kehamilan untuk wanita namun jadi sebuah musibah bagi seorang pria.

Kalau ada pria yang diminta mengecek dengan testpack dan hasilnya positif, ini bisa jadi diduga terdapat penyakit kanker testis. Sang dokter pun mengingatkan untuk berhati-hati, jika terjadi demikian sebaiknya segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih menyeluruh. Dokter ini pun menjelaskan, pria juga bisa mengalami terbentuknya hormon BETA HCG, namun ini akan mengarah tanda-tanda kanker pada alat kelamin. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...