Home Nasional Menelisik Siapa Sosok Lin Che Wei dan Peran Dalam Kasus Korupsi...

Menelisik Siapa Sosok Lin Che Wei dan Peran Dalam Kasus Korupsi Kemendag

TELENEWS.ID – Kejaksaan Agung (Kejagung) mulai membeberkan siapa sosok Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati yang ikut menjadi tersangka dalam kasus korupsi kementerian perdagangan (Kemendag). Kejagung menyebut, Lin Che Wei dapat bergabung dalam bisnis kotor Kemendag ini karena koneksi yang dimilikinya dengan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Indrasari Wisnu Wardhana. Hal ini disampaikan langsung oleh Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Febrie Adriansyah.

Febrie menjelaskan bahwa saat ini Kejagung sudah memiliki cukup bukti terhadap Lin Che Wei yang sebenarnya tidak memiliki posisi apapun di Kemendag. Lin Che Wei sendiri sudah ada dalam bisnis haram Kemendag sejak Januari 2022 dan bertindak sebagai konsultan untuk bisnis Kemendag terkait ekspor minyak goreng.

Lin ini akan selalu ikut terlibat dalam pengambilan keputusan yang dibuat Kemendag terkait minyak goreng terutama perdagangan ekspor. Bahkan Lin juga merupakan salah satu pihak yang memberikan masukan untuk dijalankan Kemendag. Kejagung belum menyelidiki lebih dalam apakah Lin mendapatkan uang dari hal ini atau tidak, namun Lin menyalahi aturan dengan terlibat dalam pengambilan kebijakan Kemendag.

Selain itu, Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Supardi menjelaskan, Lin juga diketahui menjadi konsultan di sebuah perusahaan swasta yang terlibat dalam kasus korupsi Kemendag. Lin juga mendapatkan bayaran dari perusahaan swasta tersebut sebagai konsultan untuk mendapatkan proyek. Barang bukti berupa bukti transfer pembayaran sudah dikantongi kejaksaan.

Supardi juga membeberkan bahwa selain komunikasi yang dijalin dengan mantan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana, yang saat ini sudah menjadi tersangka. Lin diketahui juga menjalin komunikasi dengan pihak lain di dalam Kemendag. Namun untuk saat ini Kejagung belum bisa menyebutkan siapa saja pihak yang dimaksud mengingat masih berjalannya kasus penyelidikan.

Baca juga :  Benarkah Din Syamsudin Menggerakkan Radikalisme?

Lin ditetapkan sebagai tersangka karena terlibat bersama Wisnu mengkondisikan perusahaan untuk tetap bisa melakukan ekspor minyak goreng yang menguntungkan perusahaan tersebut walaupun tidak memenuhi syarat domestic market obligation (DMO). Lin dan kelima tersangka sebelumnya terancam dikenakan pasal 2 dan pasal 3 undang-undang nomor 31 tahun 1999 yang sudah diubah menjadi undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...