Home Teknologi App Mengapa Aplikasi Whatsapp Tidak Tersedia di iPad?

Mengapa Aplikasi Whatsapp Tidak Tersedia di iPad?

TELENEWS.ID – Dewasa ini, hampir setiap pengguna smartphone menggunakan aplikasi Whatsapp. Aplikasi perpesanan digital yang dimiliki Facebook tersebut menjadi salah satu aplikasi terpopuler yang paling banyak diunduh oleh pengguna internet.

Menurut situs statistik Statista, Whatsapp telah mencapai angka dua miliar lebih jumlah unduhan, mengalahkan Facebook, Messenger, Instagram dan Telegram. Data ini diambil per Juli 2020 dihitung berdasarkan jumlah pengguna aktif setiap bulannya.

Dengan angka sebanyak itu, tidak dipungkiri bahwa Whatsapp menjadi media komunikasi yang hadir hampir di setiap perangkat yang aktif. Tingginya penggunaan Whatsapp juga menuntut kompatibilitas yang stabil di seluruh perangkat aktif tersebut.

Namun hingga kini, aplikasi Whatsapp khusus perangkat tablet iPad justru masih belum tersedia. Padahal, wacana dan rumornya sudah terdengar sejak beberapa tahun terakhir. Absennya aplikasi Whatsapp menjadi perhatian tersendiri, mengingat aplikasi Whatsapp sudah tersedia untuk tablet Android hingga desktop Windows.

Sebelumnya, dilansir dari WABetaInfo, sudah beberapa kali sempat diberitakan bahwa aplikasi Whatsapp khusus untuk iPad akan segera meluncur. Peluncuran tersebut akan dilakukan setelah Whatsapp membawa fitur kompatibilitas yang lebih baik lagi. Fitur yang dimaksud akan membuat Whatsapp dapat diakses di empat perangkat aktif sekaligus tanpa harus mengandalkan sinkronisasi dari ponsel. Whatsapp untuk iPad kabarnya akan segera hadir begitu fitur kompatibilitas di banyak perangkat sudah diaktifkan.

Karena aplikasi Whatsapp masih belum tersedia di iPad, pengguna iPad harus mengakses Whatsapp melalui browser yang dibuka melalui website resmi Whatsapp. Dari situ, pengguna harus memindai kode QR untuk mensinkronkan Whatsapp yang ada di ponsel dengan browser iPad. Kekurangannya, Whatsapp yang diakses melalui browser memiliki beberapa batasan, seperti absennya fitur voice atau video call.

Menurut laman Express UK, alasan mengapa aplikasi Whatsapp belum tersedia untuk iPad adalah karena WhatsApp baru mengizinkan pengguna untuk masuk ke satu perangkat dalam satu waktu, karena akun pengguna sangat bergantung pada nomor ponsel yang dipakai. Jadi, ketika pengguna mengganti smartphone dan mengaktifkan Whatsapp, akun Whatsapp di ponsel yang lama akan keluar secara otomatis.

Baca juga :  CEO Facebook Membuat Pengakuan Mengejutkan Tentang Wajah Putih Mirip Joker

Meskipun aplikasi Whatsapp sudah tersedia untuk macOS, kompatibilitasnya sama saja. Maksudnya, aplikasi tersebut hanyalah pembungkus untuk antarmuka WhatsApp desktop yang tetap harus terkoneksi ke ponsel yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Bisa dibilang, ada atau tidaknya aplikasi Whatsapp khusus untuk desktop dan iPad, tidak membawa perbedaan yang berarti.

Jika alasan di atas merupakan formalitas semata, bisa jadi ada alasan lain yang diplomatis atas mengapa Facebook belum mengizinkan Whatsapp tersedia untuk iPad. Selain Whatsapp, Instagram pun belum memiliki aplikasi tersendirinya untuk iPad. Seperti diketahui, Whatsapp dan Instagram sama-sama dimiliki oleh Facebook.

Selama beberapa waktu terakhir, hubungan Facebook dengan Apple memang terlihat kurang baik. Yang terakhir adalah iklan Facebook yang menyerang keputusan Apple yang mengubah kebijakan privasi pada iOS 14. Kebijakan tersebut mengharuskan pemilik aplikasi untuk meminta izin pengguna iOS 14 terkait data yang digunakan untuk iklan.

Baca juga :  Rawan Kriminalisasi, Berikut 8 Tips Melindungi Privasi di Media Sosial

Facebook melihat kebijakan Apple tersebut merugikan banyak penggunanya yang mengandalkan iklan untuk berjualan. Di sisi lain, sebagaimana dilansir dari Business Insider dan Forbes, Apple juga menilai Facebook sebagai perusahaan dengan model bisnis yang tidak peduli akan keamanan data penggunanya dan justru menggunakannya untuk mencari keuntungan lebih.

Pada intinya, absennya aplikasi Whatsapp milik Facebook untuk perangkat iPad secara teknis didasari pada terbatasnya kompatibilitas akun Whatsapp di lebih dari satu perangkat. Meskipun begitu, laman Independent UK membocorkan desas-desus yang mengatakan aplikasi Whatsapp khusus iPad sedang dalam pengembangan setelah fitur perluasan kompatibilitas diaktifkan.

Pengguna Android dapat mendaftar untuk uji beta fitur WhatsApp baru ini, uji beta untuk iOS iPhone dan iPad saat ini sudah penuh.

WABetaInfo juga melaporkan bahwa, meskipun tidak semua fitur tersedia, beberapa aspek utama seperti riwayat obrolan terintegrasi, pembungkaman notifikasi, dan pesan ‘berbintang’ akan tetap tersedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...