Home Hiburan Musik Mengapa Musisi Rock Identik dengan Rambut Gondrong?

Mengapa Musisi Rock Identik dengan Rambut Gondrong?

TELENEWS.ID – Musik rock bukan hanya identik dengan distorsi dan menyuarakan kegelisahan. Namun penampilan para musisi rock juga memiliki ciri khas tersendiri terutama rambut gondrongnya. Kurt Cobain, John Lennon, dan Jim Morrison adalah beberapa musisi legendaris yang identik dengan rambut panjang mereka. Tak ketinggalan musisi rock dalam negeri juga memiliki ciri khas penampilan rambut panjangnya seperti Ari Lasso, Armand Maulana, dan Ian Antono. Berikut beberapa alasan mengapa musisi rock selalu identik dengan rambut gondrong.

Melawan Norma Sosial

Di akhir tahun 1940an hingga 1950an, ada pergeseran budaya di Amerika ketika berbicara tentang penampilan. Namun setelah musisi rock hadir, segalanya berubah.

Band yang mengusung aliran metal dan classic rock pada zaman itu selalu melabeli diri mereka sebagai ‘outsider’. Mereka menuangkannya dalam lirik, musik yang keras, dan yang terpenting adalah penampilan mereka. Ini adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh band-band tersebut untuk melawan norma sosial sehingga mereka bisa berani muncul ke permukaan.

Memanjangkan rambut adalah sebuah bagian dari strategi untuk melawan norma sosial yang ada. Jika dalam lingkungan biasanya laki-laki berambut pendek, namun sebagai musisi memiliki rambut panjang adalah sebuah pergerakan yang cukup nyata.

Band-band rock seperti Led Zeppelin, Pink Floyd dan The Beatles menjadi pionir pergerakan ini para tahun 1960an. Dan hampir semua band pada era itu mengikuti tren ini hingga akhirnya menjadi standar bagi musisi rock untuk memiliki rambut gondrong.

Tren tersebut masih ada hingga kini dan tidak akan pernah pudar. Masih banyak band-band rock yang identik dengan rambut panjang mereka.

Cocok Untuk ‘Headbanging’

‘Headbanging’ adalah ketika musisi atau penikmat musik menganggukkan kepala mereka kedepan dan kebelakang dengan mengikuti ritme musik yang mereka mainkan atau dengarkan. Hal ini seringkali ditemukan pada konser musik rock atau ketika menyaksikan metalhead tampil.

Baca juga :  ‘The Lyrics’, Biografi Paul McCartney Berisikan 154 Lagunya

Jargon tersebut sudah muncul sejak tahun 1970an dan dipopulerkan oleh sebuah band heavy metal legendaris asal Inggris, Motorhead. Saat ini, gerakan tersebut diadopsi oleh band punk, rock dan metal.

Apapun gaya rambutnya, plontos, mohawk atau cepak, ‘headbanging’ selalu mengasyikkan untuk dilakukan. Namun khusus untuk musisi rock berambut gondrong, ‘headbanging’ menjadi suatu hal yang terlihat lebih keren.

Menganggukkan kepala dengan rambut yang berterbangan sambil memainkan alat musik adalah sebuah hal yang sangat keren. Banyak musisi rock yang sengaja memanjangkan rambut agar terlihat lebih keren ketika melakukan ‘headbanging’.

Digilai Wanita

Menjadi musisi rock tentu menghasilkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah menjadi pusat perhatian para wanita, khususnya ketika menjadi musisi rock yang populer dan sukses.

Memiliki rambut gondrong ternyata menarik perhatian banyak wanita. Ternyata, wanita sangat menyukai jika pria sangat memperhatikan penampilan.

Baca juga :  ‘Live at Leeds’, Album The Who Yang Mengubah Tatanan Musik Dunia

Secara psikologis, seperti mengibaratkan jika para musisi rock bisa merawat rambut dengan baik maka mereka pun bisa menyayangi dan memperhatikan para wanita.

Dan juga, musisi rock berambut panjang menunjukkan kepada wanita bahwa mereka lebih percaya diri dibandingkan pria dengan rambut pendek. Memiliki rambut panjang dimana biasanya banyak pria memiliki rambut pendek membuat para musisi rock tersebut lebih menonjol. Dan menjadi unik dan berbeda adalah sebuah hal yang membuat wanita tertarik.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...