Home Gaya hidup Mengejutkan, 5 Makanan Sehat ini Bakal Bikin Kamu Jadi Sering Kentut

Mengejutkan, 5 Makanan Sehat ini Bakal Bikin Kamu Jadi Sering Kentut

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Kentut atau buang gas adalah hal wajar yang dialami oleh manusia sehat. Kamu justru harus khawatir kalau tidak pernah atau tidak bisa buang gas dengan normal. Itu tandanya ada masalah pada perut dan kesehatan kamu guys!

Mengeluarkan gas atau kentut adalah cara tubuh memberi tahu bahwa apa yang baru saja kamu makan, tidak ditangani dengan baik di usus dan akan dilepaskan dalam bentuk gas. Meski bagi banyak orang terasa memalukan, tapi itu sebenarnya adalah hal yang cukup alami dan tak perlu terlalu dikhawatirkan.

“Kebanyakan orang mengeluarkan gas rata-rata 13-21 kali per hari,” kata Ilyse Schapiro, R.D., “Dan menahan kentut itu bisa menyakitkan dan berbahaya bagi kesehatan” ujarnya menambahkan.

Schapiro juga menambahkan bahwa memang benar suara dan aroma dari gas yang dikeluarkan memang dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. “Baunya tergantung pada apa yang Anda makan—makanan seperti kembang kol, kacang-kacangan, kubis, telur, dan daging bisa membuat baunya lebih kuat,” kata Schapiro. “Suara tergantung pada kecepatan gas meninggalkan tubuh, dan seberapa kencang otot sfingter” tambahnya lagi.

Menurut Schapiro lagi ada beberapa makanan sehat yang memiliki peran membuat seseorang menjadi lebih sering kentut. Apa sajakah itu?

  1. Susu dan olahannya
    Susu dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena kandungan nutrisi yang tinggi di dalamnya. Namun berlebihan mengkonsumsi susu dan olahannya bisa memicu penumpukan gas di perut, terutama jika kamu adalah seorang yang intoleran terhadap laktosa. Hal ini membuat tubuh kesulitan memecah protein susu dalam tubuh sehingga kemudian berubah menjadi kentut atau gas.
  2. Buah-buahan
    Buah-buahan wajib ada dalam menu makanan kita sehari-hari. Namun beberapa jenis buah bisa memicu penumpukan gas apabila dikonsumsi secara berlebihan. “Apel hijau, anggur, persik, ceri, dan plum terkenal karena menyebabkan peningkatan produksi gas. Mereka mengandung sorbitol, yang jika tertelan, dapat menghasilkan gas,” tambah Schapiro.
  3. Sayuran hijau
    Sama seperti buah-buahan, sayuran hijau juga wajib dikonsumsi sehari-hari demi menjaga kesehatan dan memenuhi asupan serat harian kita. Namun ada beberapa jenis sayuran terutama yang berdaun hijau yang bisa menyebabkan bau kurang sedap pada gas yang kita keluarkan. Sayuran hijau seperti buncis, asparagus, brokoli, dan kubis Brussel; tinggi serat yang sangat bagus untuk kesehatan, tetapi sulit untuk dipecah dalam sistem pencernaan sehingga menyebabkan penumpukan gas.
  4. Jenis padi-padian
    Aneka jenis padi-padian seperti gandum, beras, gandum hitam atau rye, serta jelai atau barley menjadi sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk membuat energi. Namun jenis padi-padian ini juga bertanggung jawab jika kamu menjadi sering kentut. “Ketika sistem pencernaan Anda mencoba memecah karbohidrat ini, ia menghasilkan gas,” kata Schapiro.
  5. Umbi-umbian
    Tinggi kandungan karbohidrat yang baik membuat umbi-umbian jadi alternatif pengganti beras yang bagus untuk diet. Namun hati-hati terlalu banyak mengkonsumsi umbi-umbian seperti kentang, ubi jalar atau ubi manis akan membuat kamu sering kentut lho guys! Kandungan pati pada umbi-umbian mengandung gluten tinggi, dan mengandung fruktosa, yang semuanya dapat menyebabkan gas menumpuk di perut.

Namun bukan berarti kalian harus skip semua makanan sehat ini ya. Intinya jangan makan secara berlebihan dan kombinasikan satu sama lain agar mendapatkan gizi yang seimbang serta mengurangi penumpukan gas di perut. (Yuyun Amalia)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Daftar Restoran Dengan Tema Christmas Dinner di Jakarta Rekomendasi Wisata Kuliner Akhir Tahun

TELENEWS.ID - Ada banyak daftar tempat wisata kuliner menarik yang sampai saat ini bisa dikunjungi di daerah Jakarta dan sekitarnya. Namun, dari...

Sedih! ‘Kun’ Aguero Resmi Gantung Sepatu

TELENEWS.ID - Berita menyedihkan datang dari kancah dunia sepak bola. Saat ini nama Sergio Aguero tersorot media sepak bola Internasional karena dirinya...

Rencana Pembangunan Simpang Temu Lebak Bulus

TELENEWS.ID - Integrasi untuk beberapa pemberhentian transportasi guna mempermudah akses masyarakat dalam menggunakan jasa transportasi umum terus dilakukan dengan cepat. Kali ini...

Diduga Kabur Karantina Keluarga Ahmad Dhani Dan Mulan, Epidemiologi : Denda Harus Berlipat

TELENEWS.ID - Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono menilai dugaan kabur karantina keluarga pesohor yang juga merupakan anggota DPR RI Mulan Jameela...