Home Internasional Mengenal Badak Putih Utara Yang Resmi Punah

Mengenal Badak Putih Utara Yang Resmi Punah

TELENEWS.ID – Pada Minggu (6/6/2021), badak putih utara diumumkan punah secara resmi karena satu hewan tersebut dengan jenis kelamin betina mati di Sudan, Afrika Utara.

Hal itu diungkap oleh akun Instagram @mongabay.id yang bertindak sebagai pemerhati lingkungan internasional melalui sebuah postingan dengan caption: “Badak putih utara (Ceratotherium simum cottoni) bertahan 55 juta tahun di planet bumi, mengalami dan bertahan dari keganasan jaman es, gempa bumi besar, hantaman meteor, dan saksi hidup perubahan-perubahan di bumi. Mamalia raksasa ini tak bisa bertahan pada keganasan manusia, dan sudah resmi punah secara fungsional.”

Dilansir dari National Geographic, Ceratotherium simum cottoni adalah nama latin atau ilmiah dari badak putih utara. Hewan itu merupakan herbivore atau pemakan tumbuhan dengan berat antara 1,6 sampai 4 ton.

Lalu dijelaskan juga bahwa badak berwarna putih atau pun hitam memiliki warna yang sama, yaitu abu-abu. Hanya saja terdapat perbedaan pada bentuk bibir dengan badak putih yang memiliki bibir persegi, sedangkan badak hitam memiliki bibir atas yang runcing.

Karena bentuk bibir tersebut, sumber makanan badak putih adalah rerumputan atau tanaman. Ketika mencari makan, badak putih menurunkan bibirnya ke tanah.

Kemudian juga, badak putih merupakan hewan yang hidup berkelompok di dataran berumput Afrika.

Untuk jenis kelamin betina, badak putih bereproduksi hanya setiap 2,5 sampai 5 tahun sekali. Kemudian, ada perbedaan lain antara badak putih dengan badak lainnya, yaitu badak putih memiliki dua cula.

Menurut sumber informasi yang sama, tanduk badak putih tumbuh sebanyak tiga inci dalam setahun.

Bagi pejantan, tanduk itu digunakan untuk melawan penyerang. Sedangkan bagi betina, tanduk digunakan untuk melindungi anak-anak mereka.

Baca juga :  3 Sosok Wanita Pemberani dalam Kudeta Myanmar

Namun mirisnya cula badak putih merupakan salah satu yang paling sering diburu dan diperdagangkan secara ilegal, salah satu penyebab kepunahannya.

Menurut beberapa informasi, cula badak putih biasa digunakan untuk obat-oabtan di Singapura, Tiongkok, Taiwan dan Hong Kong. Sedangkan di Timur Tengah dan Afrika Utara, cula badak putih digunakan sebagai pegangan belati hias.

2018 lalu, hanya tersisa dua betina dan satu jantan badak putih utara di dunia. Namun sang pejantan yang bernama Sudan mati di usia 45 tahun karena sudah tua. Dan karena itu juga, badak putih utara dinyatakan punah.

Sebenarnya, ada upaya yang dilakukan oleh para ilmuwan untuk menyelamatkan badak putih utara dari kepunahan di Konservasi Ol Pejeta di Laikipia di Kenya, Afrika, pada 2020 lalu.

Baca juga :  3 Sosok Wanita Pemberani dalam Kudeta Myanmar

Yaitu dengan cara menggunakan telur yang dipanen oleh dua betina dan sperma yang dikumpulkan dari badak putih utara jantan yang pernah disimpan. Lalu embrio dibuahi secara artifisial dan ditanamkan ke badak putih selatan sebagai pengganti.

Akan tetapi Direktur Manajer Konservasi Ol Pejeta mengatakan bahwa pandemi Covid-19 membuat upaya tersebut tertunda. Padahal tiga embiro berhasil dibuat. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...