Home Travel Destinasi Mengenal Kepulauan Sangihe, Daerah Yang Sedang Ramai Diperbincangkan

Mengenal Kepulauan Sangihe, Daerah Yang Sedang Ramai Diperbincangkan

TELENEWS.ID – Kepulauan Sangihe belakangan ini ramai diperbincangkan di berbagai media karena adanya rencana penambangan emas.

Dikutip salah satu media lokal, TMS (Tambang Mas Sangihe) adalah perusahaan yang memiliki izin lingkungan dan produksi pertambangan di area sekitar 3.500 hektar tersebut. Bahkan menurut sumber yang sama, TMS sudah mengantongi izin untuk kegiatan tambang seluas 42.000 hektar.

Perhatian publik semakin meningkat setelah Helmud Hontong yang menjabat sebagai Wakil Bupati Sangihe meninggal dunia pada Rabu (9/6/2021) ketika melakukan perjalanan pulang dari Bali menuju Manado.

Diketahui sebelumnya, dia sempat menyurati Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang isinya adalah permohonan pembatalan operasi pertambangan emas.

Menjadi wilayah potensial, ada baiknya kita mengenal Kepulauan Sangihe lebih jauh.

Dilansir dari BPS (Badan Pusat Statistik) Kepulauan Sangihe merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Wilayah itu terbentuk pada tahun 2000 dari pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud.

Kepulauan Sangihe terdiri dari 105 pulau dan 15 kecamatan, di mana 27 pulaunya berpenghuni. Untuk letaknya, Kepulauan Sangihe berada di antara Pulau Mindanao (Filipina) dan Pulau Sulawesi.

Kemudian wilayah ini meliputi 3 klaster yaitu Klaster Perbatasan (berbatasan melalui perairan internasional dengan provinsi Davao del Sur, Filipina), Klaster Tatoareng dan Klaster Sangihe.

Sedangkan Tahuna adalah ibu kota Kepulauan Sangihe dan memiliki luas 1.012,94 kilometer persegi dengan berdasarkan informasi tahun 2020, terdapat 139.262 penduduk.

Kekayaan alam dan pariwisata

Gunung Api Banua Wuhu di Pulau Mahengetang dan 6 Gugusan Gunung Api Kawio Barat adalah kekayaan alam milik Kepulauan Sangihe.

Selain itu, wilayah tersebut juga memiliki berbagai satwa dan juga tumbuhan serta biota bawah laut. Salah satu satwa langka yang ada disana adalah burung seriwang sangihe atau warga lokal menyebutnya manu’ niu.

Baca juga :  Remaja 15 Tahun Jadi Pelaku Pelecehan Lagu ‘Indonesia Raya’

Lalu mengenai wisatanya, Kepulauan Sangihe memiliki keindahan dunia bawah laut yang luar biasa, seperti biota bawah laut dan terumbu karang yang menjadi core attraction yang bisa ditemukan di Brave Hills Napo-Para Island, Dakupang Island, Selat Sea Grass Mahumu Island, Mendaku, Kahakitang Island dan Pulau Bukide.

Tak kalah dari pesona bawah laut, pantai-pantai di Kepulauan Sangihe juga sangat indah dan menjadi daya tarik bagi wisatawan, salah satunya Pantai Pasir Putih Pananualeng.

Selain itu, terdapat wisata air terjun seperti Air Terjun Kadadima dan Air Terjun Ngura Lawo yang memanjakan mata.

Baca juga :  Fakta Persidangan Kasus Benur, Muncul Nama Prabowo

Bagi yang suka mendaki dan berpetualang di hutan, wisatawan bisa mengunjungi Gunung Sahendarumang yang merupakan kawasan hutan lindung tropis dengan berbagai keanekaragaman hayati serta panorama alam yang indah. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...