Home Gaya hidup Kesehatan Mengenal Ramsay Hunt Syndrome yang Membuat Justin Bieber Alami Kelumpuhan Wajah!

Mengenal Ramsay Hunt Syndrome yang Membuat Justin Bieber Alami Kelumpuhan Wajah!

TELENEWS.ID – Berita kurang menyenangkan datang dari penyanyi dunia Justin Bieber. Pelantun tembang “Peaches” ini mengungkapkan bahwa ia menderita gangguan kesehatan yang disebut sebagai Ramsay Hunt Syndrome.

Sindrom ini membuat Justin mengalami berbagai masalah kesehatan salah satunya adalah kelumpuhan wajah. Melalui sebuah video, suami Hailey Bieber ini menunjukkan pada penggemar kelumpuhan wajah sebagian yang dialami olehnya.

“Seperti yang Anda lihat, mataku ini tidak berkedip. Saya tidak bisa tersenyum di sisi wajah saya, lubang hidung ini tidak akan bergerak,” jelas Bieber dalam sebuah video.

Bieber mengatakan bahwa kondisi kelumpuhan wajah yang dialaminya membuatnya terpaksa membatalkan beberapa jadwal tour dan konser. “Jadi, ada kelumpuhan total di sisi wajah saya. Jadi bagi mereka yang frustrasi dengan pembatalan pertunjukan saya berikutnya, saya hanya secara fisik, jelas, tidak mampu melakukannya. Ini cukup serius, seperti yang Anda lihat,” tambah penyanyi berusia 28 tahun itu.

Ramsay Hunt Syndrome mungkin banyak di antara kita yang baru mendengar gangguan kesehatan ini, pasca pengakuan dari Justin Bieber mengenai kelumpuhan wajah yang dialaminya. Bisa dimengerti sebab Ramsya Hunt Syndrome sendiri terbilang sebagai gangguan kesehatan yang cukup langka.

Ramsay Hunt Syndrome atau Sindrom Ramsay Hunt dinamai sesuai dengan nama ahli saraf Amerika yang mengidentifikasi penyakit ini pada awal abad ke-20. Sindrom Ramsay Hunt adalah ruam yang menyakitkan di sekitar telinga, di wajah, atau di mulut. Ini terjadi ketika virus varicella-zoster menginfeksi saraf di kepala.

Kondisi kesehatan ini juga jarang terjadi. Menurut Organisasi Nasional untuk Gangguan Langka ( the National Organization for Rare Disorders), hanya lima orang per 100.000 yang diperkirakan terjangkit Ramsay Hunt setiap tahun.

Sindrom Ramsay Hunt (RHS) adalah gangguan neurologis langka yang ditandai dengan kelumpuhan saraf wajah (kelumpuhan wajah), dan ruam yang mempengaruhi telinga atau mulut. Kelainan telinga seperti telinga berdenging (tinnitus) dan gangguan pendengaran juga dapat terjadi.

Baca juga :  Manfaat Latihan Kekuatan Otot yang Mungkin Belum Disadari Banyak Orang

Gangguan ini juga kadang-kadang dikenal sebagai herpes zoster oticus karena ruam telinga yang khas. Namun, beberapa dokter menggunakan herpes zostic oticus hanya untuk ruam telinga, dan sindrom Ramsay Hunt untuk kombinasi ruam telinga dan kelumpuhan wajah.

Lalu apa saja gejala seseorang mengalami RHS seperti Justin Bieber? Dikutip dari rarediseases.org, gejala sindrom Ramsay Hunt bervariasi dari kasus ke kasus. Individu yang terkena biasanya mengalami kelumpuhan (palsy) dari saraf wajah dan ruam yang mempengaruhi telinga.

Selain itu dua tanda dan gejala utama sindrom Ramsay Hunt yang lainnya adalah:

  1. Ruam merah yang menyakitkan di dalam atau sekitar telinga, dan terkadang melepuh dan berisi cairan
  2. Kelemahan wajah atau kelumpuhan pada sisi yang sama dengan telinga yang terkena

Biasanya, ruam dan kelumpuhan wajah terjadi secara bersamaan. Terkadang satu bisa terjadi sebelum yang lain. Di lain waktu, ruam tidak pernah terjadi. Jika kamu mengalami sindrom Ramsay Hunt seperti Justin Bieber, kamu mungkin juga akan mengalami:

Baca juga :  Bisa Jadi Gejala Diabetes, Kenali 5 Gangguan Kesehatan yang Menyebabkan Bau Badan Tak Sedap

• Sakit telinga
• Gangguan pendengaran
• Telinga berdenging (tinnitus)
• Kesulitan menutup satu mata
• Sensasi berputar atau bergerak (vertigo)
• Perubahan persepsi rasa atau hilangnya rasa
• Mulut dan mata kering

Meskipun penyakit langka, namun RHS dapat terjadi pada siapa saja yang pernah menderita cacar air. Namun kondisi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa dan lansia, biasanya mempengaruhi orang yang lebih tua dari 60 tahun. Sindrom Ramsay Hunt jarang terjadi pada anak-anak, dan perlu diketahui bahwa penyakit ini sama sekali tidak menular. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...