Home Gaya hidup Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID – Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya, dia tak bisa memberikan jawaban pasti ketika kamu menanyakan status hubungan kalian.

Jika ini terjadi kamu mungkin tidak hanya dianggap sebagai TTM atau teman tapi mesra sama si dia, tapi kamu juga terjebak dalam hubungan yang disebut sebagai situationship. Wah apa itu yang dimaksud dengan situationship ya?

Sejatinya situationship mirip dengan beberapa istilah yang sudah kita dengar sebelumnya seperti TTM, HTS atau hubungan tanpa status, FWB atau friends with benefit dan sebagainya. Namun situationship sedikit berbeda dengan beberapa istilah diatas.

Situationship menggambarkan hubungan dua orang yang sangat mesra, mirip orang yang telah berkomitmen secara serius. Namun sayangnya hubungan mereka tidak memiliki kejelasan dan mungkin hanya terjadi pada saat atau situasi tertentu saja.

“Situationship adalah ruang antara hubungan yang berkomitmen dan sesuatu yang lebih dari sekadar persahabatan,” jelas psikoterapis dan penulis Jonathan Alpert. “Tidak seperti FWB atau hubungan pacaran, kedua belah pihak sama-sama tahu bahwa mereka tidak ingin terikat dalam hubungan apapun” tambahnya lagi.

Situationship tak hanya sekadar menjalani hubungan mesra layaknya orang yang pacaran atau telah menikah, namun juga melibatkan keintiman seksual diantara kedua orang yang sedang menjalaninya. Uniknya berbeda dengan beberapa hubungan tanpa status yang lainnya, orang-orang yang terjebak dalam situationship sebenarnya memiliki ikatan emosional satu sama lain. Hanya saja ketakutan untuk memiliki komitmen membuat mereka memilih untuk tidak membawa hubungan mereka ke arah yang lebih serius.

Situationship sendiri sudah mulai populer di zaman modern ini. Menurut Alpert, kecenderungan manusia modern untuk menunda pernikahan menjadi salah satu alasan mengapa kini situationship dijalani oleh banyak orang. Mereka yang menjalani hubungan ini berharap bisa mengenal seseorang lebih dalam tanpa terikat oleh komitmen apapun, sebelum akhirnya melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius.

Sejatinya tidak ada pihak yang dirugikan ketika sama-sama memutuskan atau sepakat menjalani situationship seperti ini. Hanya saja yang namanya perasaan bisa tumbuh seiring dengan keintiman yang konstan dijalani. Menurut Saba Harouni Lurie, terapis pernikahan dan keluarga di Los Angeles; situationship menjadi sesuatu yang merugikan jika salah satu pihak kemudian memiliki harapan lebih sedangkan salah satunya tetap tidak ingin berkomitmen.

Jika kamu menjalani situstionship seperti ini, Lurie memperingatkan bahwa mungkin akan ada orang ketiga yang terlibat dalam hubungan kalian baik secara romantis maupun seksual. Ini karena kamu tidak punya hak sama sekali untuk cemburu atau melarang partnermu memiliki hubungan dengan orang lain juga secara tidak ada ikatan dan status yang jelas diantara kalian.

Baca juga :  Perlukah Menyimpan Produk Skincare di Dalam Lemari Es? Temukan Jawabannya di Sini!

Menurut Lurie bahkan dalam open relationship sekalipun ada batasan yang jelas mengenai keterlibatan orang lain dalam suatu hubungan. Sayangnya hal tersebut tidak berlaku dalam situationship ini.

“Bahkan dalam pasangan yang secara aktif mempraktikkan etika non-monogami, idealnya akan ada batasan yang jelas dan nyata sehingga semua pihak tidak dirugikan dan dapat mematuhi batasan hubungan seperti apa yang mereka jalani” ujar Lurie.

Sementara itu Carla Manly, seorang psikolog yang berpraktik di California; mengungkapkan bahwa situationship lebih berpotensi mengarah pada hubungan toxic yang tak hanya membahayakan secara fisik namun juga mental seseorang.

“Ketika kedua orang tidak sinkron atau sepakat saat menjalani situationship, kemarahan dan kebencian dapat muncul dari waktu ke waktu,” kata Carla. “Kondisi ini dapat berwujud dalam perilaku toxic, seperti tindakan pasif-agresif, ledakan kemarahan, dan komunikasi yang tidak sehat” tambahnya lagi.

Baca juga :  Harus Tahu, Ini 6 Tipe Kentut yang Bisa Memprediksi Kondisi Kesehatanmu

Selain itu mengakhiri situationship bukan hal yang mudah karena tidak ada kejelasan hubungan kalian sehingga tidak ada kata “putus” atau “cerai” yang terucap. Hal ini bisa menjadi beban mental seseorang apalagi jika sudah mencurahkan tak hanya perasaan tapi waktu, tenaga dan bahkan uang mereka namun berakhir dengan sia-sia.

Karena itulah sebelum kamu memutuskan untuk menjalani tipe hubungan ini sebaiknya kenali dulu siapa partnermu. Selain itu kalau kamu sudah mulai merasakan benih-benih cinta dan yakin dia akan menjadi pasangan yang tepat untukmu, Manly menyarankan kalian untuk bicara serius mengenai arah dan status hubungan kalian.

Namun jika ternyata dia tetap menolak untuk berkomitmen, sebaiknya kamu tak menunggu lama untuk meninggalkannya dan melanjutkan hidupmu kembali. Jangan sampai kamu terlalu lama terjebak dalam situasi yang membuatmu berada dalam posisi yang tidak menguntungkan seperti sekarang ini. Apalagi jika si dia bersikap lebih dominan dan selalu mengatur, namun menolak saat kamu meminta komitmen untuk bersikap sama sepertimu.

Situationship akan menjadi suatu hubungan yang berjalan dengan semestinya, jika kedua belah pihak memiliki tujuan dan juga ekspektasi yang sama. Jika tidak maka jelas salah satunya akan dirugikan, dan terjebak pada hubungan yang sulit untuk diakhiri. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...