Home Travel Kuliner Mengenal Tujuh Varian Rendang Paling Diminati

Mengenal Tujuh Varian Rendang Paling Diminati

TELENEWS.ID – Makanan khas Sumatera Barat dan Minangkabau alias rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Tapi, rendang tidak hanya memiliki satu varian lho.

Berdasarkan dokumen catatan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada laporan BPNB pada 2014, tercatat ada berbagai macam rendang yang masih dibuat dan dikonsumsi oleh masyarakat Minangkabau.

Berikut tujuh varian rendang yang menjadi favorit masyarakat nusantara:

  1. Rendang Daging Sapi
Rendang daging/foto pixabay

Rendang daging sapi merupakan varian rendang paling umum. Makanan ini selalu jadi hidangan utama di berbagai kegiatan di Tanah Minang, seperti pesta, lebaran ataupun ketika pertemuan keluarga besar.

Sampai kini, rendang daging sapi masih jadi varian paling favorit rendang yang dikonsumsi. Tidak heran, di setiap rumah makan Padang selalu ditemukan rendang varian ini.

  1. Rendang Ayam
wooots.blogspot

Rendang ayam jadi varian rendang lain yang juga jadi favorit di kalangan masyarakat Minangkabau dan Indonesia. Rendang ayam ini bisa disajikan dengan cara menghancurkan daging ayam, baik itu digiling, diurai, atau dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan selera.

Rendang varian daging ayam juga cukup banyak ditemukan di berbagai rumah makan Padang, termasuk salah satu hidangan utama di hari lebaran.

  1. Rendang Runtiah atau Suwir
Rendang runtiah atau suwir/foto rendangasese.com

Bahan utama rendang varian ini juga daging sapi. Bedanya, daging sapi terlebih dahulu direbus kemudian disuwir memanjang. Dari segi peracikannya, rendang jenis ini memang tidak berbeda jauh dari rendang yang umum kita temui.

Akan tetapi, karena karakteristik daging yang digunakan berbeda, rendang yang dihasilkan memiliki tekstur daging yang lebih kering dan renyah saat dikunyah.

  1. Rendang Telur
Rendang Telur/foto Harianhaluan

Rendang jenis ini dibuat dari campuran telur dan tepung yang kemudian dipotong tipis-tipis. Kota Payakumbuh jadi daerah asal munculnya varian rendang ini.

Baca juga :  Syarat Isolasi Gratis di Hotel Berbintang Jakarta

Hasilnya, rendang varian ini lebih dikenal sebagai keripik khas Kota Payakumbuh yang juga dikenal sebagai Kota Randang.

  1. Rendang Hati dan Paru Sapi
Rendang hati dan paru/foto kompas

Secara keseluruhan, rendang jenis ini hampir sama dengan beberapa rendang lain. Bedanya terletak pada bahan utama yang menggunakan hati sapi atau paru sapi yang telah direbus dan dipotong-potong.

Potongan hati dan paru dicampur dengan bumbu rendang. Lama memasaknya juga tidak selama memasak rendang daging.

  1. Rendang Ikan Tongkol
Rendang ikan tongkol/foto cookpad

Sesuai dengan namanya, varian rendang ini menggunakan bahan utama dari ikan tongkol. Pengolahannya juga hampir sama dengan rendang lainnya.

Rendang varian ini juga cukup mudah ditemukan di beberapa rumah makan Padang. Bahkan beberapa di antaranya juga menyediakan menu khusus rendang ikan tongkol.

  1. Rendang Belut
Baca juga :  Rasakan Sensasi Belerang Gunung Kapur di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Rendang belut/foto rendangbelutwordpress

Rendang varian ini merupakan khas Kabupaten Tanah Datar yang diolah menggunakan bahan utama belut yang dicampur dengan bermacam-macam daun sehingga menghasilkan rasa asam dan pedas. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...