Home Daerah Mengenaskan, Begini Kondisi Gunung Pabeasan di Karst Citatah Padalarang Akibat Penambang

Mengenaskan, Begini Kondisi Gunung Pabeasan di Karst Citatah Padalarang Akibat Penambang

TELENEWS.ID – Gunung Pabeasan yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat saat ini dalam kondisi yang mengenaskan setelah terus digerogoti oleh kegiatan penambang. Bukit kapur yang menjadi bagian dari bentang alam Karst Citatah tersebut sudah kesohor menjadi tempat panjat tebing yang sangat legendaris.

Memang jika dilihat pada bagian depan Gunung Pabeasan tersebut, kondisinya masih mulus seperti belum tersentuh aktivitas tambang jika dipantau dari arah jalan Padalarang atau area Ciburuy. Yang tampak hanyalah sejumlah pabrik kapur yang didirikan di bagian depan tebing bukit yang lebih terkenal dengan sebutan Tebing 125.

Namun jika dilihat dari bagian belakang Gunung Pabeasan tersebut, pemandangan berbeda yang sangat mengenaskan jelas terlihat. Area punggung bukit sudah mulai tergerogoti dan terpapas yang disebabkan oleh kegiatan penambangan. Bebatuan kapur Pabeasan rontok oleh mesin-mesin yang digunakan para penambang.

Salah satu warga Cidadap bernama Dadi menuturkan bahwa perusahaan pertambangan lah yang menjadi pelakunya, bukan masyarakat setempat. Perusahaan pertambangan tersebut tentu saja dilengkapi dengan alat berat serta pabrik tepung kapur.

Pria berusia 64 tahun tersebut mengungkapkan bahwa aktivitas penambangan tersebut menggunakan alat peledak. Imbasnya pun dirasakan para warga karena lontaran baru kapur tersebut masuk ke perawahan milik mereka.

Kini alat-alat berat menjadi modal para penambang untuk melakukan aktivitas mereka. Kegiatan para penambang yang terjadi di punggung Gunung Pabeasan tersebut memang tak terlalu mencolok. Karena, area tersebut memang bukan menjadi tempat tinggal para warga. Yang terlihat hanyalah sawah dan kebun warga yang terbentang di belakang Pabeasan.

Di lain pihak, warga Cidadap lainnya yang bernama Aep mengungkapkan bahwa alat berat yang digunakan oleh para penambang terdiri dari alat untuk menghancurkan bebatuan kapur. Selain itu juga ada alat pengeruk batuan disana.

Baca juga :  Cara Jitu Bupati Kendal Atasi Lonjakan Covid-19, Perangi ‘Ndableg’ Hingga Gunakan Media Sosial

Bukan hanya Gunung Pabeasan yang menjadi korban, namun Gunung Hawu yang terletak di sebelahnya pun sudah mulai terkikis. Namun menurut penuturan Aep, aktivitas tersebut sudah lama berhenti. Namun aktivitas di Gunung Pabeasan masih saja berlangsung hingga kini.

Menurut warga yang telah lama tinggal disana, kegiatan penambangan tersebut masih berlangsung karena pengusaha diperkirakan telah mengantongi izin dari pemerintah. Sangat disayangkan jika bagian bentang alam yang sangat unik di Karst Citatah tersebut harus hancur tak karuan.

Selain menjadi bentang alam yang harus dilestarikan, Gunung Pabeasan juga menjadi tempat panjat tebing yang sangat legendaris sejak dulu kala. Di tempat tersebut lah pelatihan panjat tebing yang diperuntukkan untuk TNI atau para pecinta alam sempat bergulir.

Baca juga :  BMKG Pastikan Jateng Aman Dari Siklon Tropis Seroja

Kasus ini hanyalah sebagian kecil dari beberapa contoh kasus mengenaskan yang terjadi di Karst Citatah. Sejumlah bukit pun kini hanya tersisa setengah saja seperti Gunung Bancana yang terletak di Kampung Karangmulya, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat. Hal ini tak lain dan tak bukan karena ulah para penambang batu kapur. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...