Home Uncategorized Mengibarkan Bendera Lain Menjelang HUT RI Bisa Dipidana

Mengibarkan Bendera Lain Menjelang HUT RI Bisa Dipidana

TELENEWS.ID – Beberapa waktu lalu, viral di dunia maya di mana ada salah satu warga Kota Depok yang mengibarkan bendera negara Palestina di depan rumahnya. Peristiwa ini sontak saja menimbulkan kegaduhan karena momennya bertepatan dengan HUT RI ke 76. Masalah ini segera ditangani oleh Polres Metro Depok melalui Tim Jaguar yang mendatangi kediaman warga tersebut.

Setelah diselidiki, menurut pemilk rumah, bendera tersebut terpasang sudah sejak lama, yakni ketika ada aksi Save Palestine. Pemasangan bendera tersebut dilakukan oleh pemilik rumah sebagai dukungannya terhadap negara Palestina yang sedang mengalami konflik dengan Israel beberapa bulan yang lalu. Namun, bendera tersebut belum diturunkan hingga akhirnya menjadi viral di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Hali Hukum Tata Negara Feri Amsari mengatakan bahwa perbuatan tersebut bisa dikategorikan sebagai penghinaan kepada Negara. Pasalnya, sang pemilik rumah mengibarkan bendera negara lain di saat momen HUT RI. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 66 UU No. 24 Tahun 2008 mengenai Bendera, Bahasa, Lagu Kebangsaan, dan Lambang negara yang bisa megakibatkan pemilik rumah terjerat pidana dengan ancaman pidana 5 tahun.

Bunyi dari UU tersebut adalah: “Setiap orang yang merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf a, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).”

Akan tetapi, menurut Kapolsek Beji, Agus Khaeron yang mendatangi rumah tersebut, tidak ada faktor kesengajaan dari pihak pemilik rumah menjelang HUT RI ini. Sehingga, pemilik rumah tidak terjerat hukum pidana. Dirinya sudah melakukan pendekatan secara persuasif kepada warga tersebut.

Baca juga :  Tantangan Travel Bubble di Mandalika dan Labuan Bajo

Agus Khaeron menambahkan, warga tersebut memang sudah berniat untuk memasang bendera merah putih, akan tetapi foto dari bendera Palestina yang terpasang itu sudah terlanjur viral, sehingga menimbulkan banyak polemik dan juga kesalahpahaman dari warganet. (Latief)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...