Home Daerah Bali Mengintip Megahnya Besakih, Pura Terbesar di Bali yang Bersejarah

Mengintip Megahnya Besakih, Pura Terbesar di Bali yang Bersejarah

TELENEWS.ID – Berlokasi di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Pura Besakih adalah sentra dari kegiatan keagamaan umat Hindu Bali. Kompleks megah ini mengandung nilai sejarah tinggi dan dianggap sebagai ‘Ibu / Induk’ dari semua pura yang ada di pulau Dewata.

Jika anda ingin mendapatkan pengalaman berlibur dengan nuansa spiritual, Pura Besakih adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Situs suci ini berjarak sekitar 25 km dari kota Denpasar, dan selama perjalanan anda akan bisa menikmati keindahan panorama Bukit Jambul yang juga merupakan salah satu daya tarik wisata Kabupaten Karangasem.

Cover (source Pinterest)

Kompleks Pura Besakih dibangun berdasarkan keseimbangan manusia, alam dan Tuhan dalam konsep Tri Hita Karana. Penataannya pun disesuaikan berdasarkan arah mata angin sehingga struktur bangunannya dapat mewakili alam sebagai simbol keseimbangan tersebut.

Pura Besakih terdiri dari 19 Pura yang membentuk satu kesatuan yang megah. Di tengahnya ada 1 Pura pusat yang disebut Pura Penataran Agung, yang dikelilingi 18 Pura pendamping yang menghadap ke segala mata angin (mandala) tersebut; antara lain Pura Gelap di Timur, Pura Kiduling Kereteg di Selatan, Pura Ulun Kuluk di Barat serta Pura Batumadeg di Utara.

Jika anda pernah melihat foto Besakih, yang paling banyak disorot adalah gerbangnya yang megah. Ya, gerbang tersebut merupakan pintu masuk utama ke areal utama Pura Penataran Agung Besakih. Selain itu, ada banyak sekali peninggalan zaman megalitik yang dilestarikan di kompleks Besakih, seperti menhir, tahta batu, struktur teras piramid dan masih banyak lagi.

Semaraknya Perayaan Di Pura Penataran Agung Besakih (source Twitter @punapibali)

Menurut sejarah, Pura Besakih didirikan oleh Rsi Markandeya, seorang tokoh agama Hindu dari India yang sudah lama menetap di pulau Jawa. Konon pada waktu itu, pulau Jawa dan Bali masih menjadi satu serta disebut sebagai Nusa Dawa yang berarti pulau panjang.

Baca juga :  Serba Serbi Metatah, Ritual 'Potong Gigi' Wajib Bagi Remaja Bali

Suatu ketika, di tengah pertapaannya, Rsi Markandeya mendapatkan wangsit untuk menerabas hutan belantara dari Selatan menuju ke Utara pulau Dawa. Sesuai wahyu yang didengar dan dilihat, Rsi Markandeya datang ke Bali dengan menyeberangi Segara Rupek (selat Bali) diiringi oleh para pengikutnya untuk menuju Toh Langkir (sekarang disebut Gunung Agung).

Sesampainya di lereng gunung, Rsi dan pengikutnya pun mulai membabat hutan belantara yang lebat namun kerap mengalami kegagalan karena penyakit maupun serangan binatang buas. Ia pun kembali bertapa untuk memohon petunjuk, dan mendapatkan wangsit lagi untuk melakukan upacara sebelum membabat hutan.

Setelah kembali di lereng Toh Langkir, Rsi kemudian melakukan upacara dengan menanam sejumlah benda keramat; diantaranya 5 unsur logam emas, perak, tembaga, perunggu, besi yang disebut ‘Panca Datu’ dan permata utama ‘Mirah Adi’. Tempat sang Rsi menanam 5 unsur logam itulah yang menjadi cikal bakal Pura Besakih, yang namanya diambil dari bahasa Sansekerta kuno, ‘Basuki’ yang berarti ‘selamat’.

Baca juga :  Menyambangi Magisnya Yeh Leh; Pesisir Bebatuan Unik di Jembrana

Dalam satu tahun, setidaknya terdapat kurang lebih 70 festival yang dilaksanakan di kompleks Pura Besakih. Selain itu, pura ini juga kerap diramaikan dengan beragam acara, khususnya ketika bulan purnama. Acara itu dikenal sebagai Odalan dan tak pernah terlewatkan oleh masyarakat Hindu Bali.

Berminat untuk ambil bagian dalam perayaannya? Jangan lupa masukkan Pura Besakih ke daftar kunjungan anda di liburan Bali selanjutnya! (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...