Home Olah Raga Sepak Bola Mengubah Sepakbola, Inilah 7 Pelatih Terbaik Dalam Sejarah Serie A

Mengubah Sepakbola, Inilah 7 Pelatih Terbaik Dalam Sejarah Serie A

Telenews.id – Selama lebih dari satu abad, Serie A telah menjadi sarang revolusi sepakbola dan telah menghasilkan sejumlah sosok visioner legendaris yang menunjukkan keunggulan mereka pada indahnya permainan sepakbola.

Italia telah melahirkan beberapa generasi pelatih luar biasa yang sangat berpengaruh terhadap pola permainan sepakbola.

Jika berbicara sejarah, pemain sepakbola bisa dibilang lebih dikenal daripada pelatih. Untuk dianggap sebagai yang terbaik sepanjang masa, seorang pelatih sepakbola pun harus membawa timnya ke posisi terbaik selama periode waktu tertentu atau mengubah nuansa permainan dengan penemuan yang berdampak luas untuk masa depan sepakbola.

Meskipun Serie A mengalami pasang surut selama beberapa tahun terakhir, tapi selalu bisa menghasilkan karakter yang memiliki dampak besar.

Melihat apa yang yang terjadi di Serie A, berikut adalah 7 pelatih terbaik dalam sejarah kompetisi kasta tertinggi Italia tersebut:

7.Nereo Rocco

Nereo rocco (sumber: sempremilan.com)

‘Catenaccio’ adalah ciri khas sepakbola Italia dan sangat disayangkan untuk era sepakbola modern, hal ini mulai hilang.

Di tahun 1960-an terdapat perubahan dari sepakbola Italia dan ‘Raja Catenaccio’ memainkan peran besar dalam menciptakan sistem yang mendominasi Serie A hingga sekarang ini. Ya, dia adalah Nereo Rocco yang hanya memiliki dua Scudetto selama menukangi AC Milan, namun dia adalah cikal bakal bagimana karakter sepakbola Italia terbentuk dan wajar jika disebut sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah Serie A.

6.Marcello Lippi

Rekam jejak Marcello Lippi di Serie A membuatnya menjadi salah satu pelatih terbaik Italia. Juru taktik itu mendominasi liga pada 1990-an dan menjadikan sepakbola Italia sebagai kekuatan yang tangguh di Eropa.

Marcelo lippi (sumber: minews.id)

Lippi ditunjuk sebagai pelatih oleh Juventus pada tahun 1994 dan kemudian memenangkan lima gelar Serie A bersama Bianconeri. Dalam satu dekade yang menyaksikan sepakbola Italia di puncak, Marcello Lippi membuat Juventus sangat unggul dalam cara menyerang dan bertahan.

Legenda Juventus itu juga satu-satunya pelatih dalam daftar ini yang memenangkan Piala Dunia dan melatih orang-orang seperti Zinedine Zidane, Antonio Conte dan masih banyak lagi yang saat ini menjadi pelatih berprestasi.

5.Fabio Capello

Fabio Capello selalu menjadi sosok kontroversial di dunia sepakbola tetapi karir kepelatihannya tidak perlu dipertanyakan lagi. ‘Don Fabio’ sering bentrok dengan para pemain bintangnya selama aktif melatih, tetapi sikap disiplin dan pragmatismenya telah membuahkan hasil yang luar biasa.

Fabio capello (sumber: bola.net)

Dia juga dianggap sebagai salah satu pelatih paling sukses dalam sejarah sepakbola. Capello menaklukkan Serie A bersama AC Milan dan AS Roma dan bisa memenangkan dua Scudetto bersama Juventus seandainya bukan karena skandal Calciopoli.

4.Carlo Ancelotti

Serie A memiliki banyak pelatih yang luar biasa di tahun 1990-an dan Carlo Ancelotti adalah salah satu yang unik dalam prestasinya selama beberapa tahun terakhir.

Selain membangun beberapa tim terhebat yang pernah menghiasi sepakbola Eropa, Ancelotti juga meraih kesuksesan di luar Italia dan menorehkan namanya sebagai salah satu pelatih terbaik dunia.

Baca juga :  'Perang’ Presiden Juventus dan Antonio Conte Berlanjut, Bagaimana Latar Belakangnya?
Carlo ancelotti (sumber: fourfourtwo.com)

Ancelotti melatih klub seperti Parma dan Juventus pada 1990-an, sampai akhirnya bergabung dengan AC Milan pada 2001 dan memberi Rossoneri beberapa momen paling istimewa.

Selama delapan tahun melatih AC Milan, Carlo Ancelotti melatih nama-nama besar seperti Andrea Pirlo, Andriy Shevchenko, Kaka dan beberapa sosok legendaris Serie A lainnya.

Ancelotti juga membuat gebrakan di La Liga dan Premier League, dan merupakan legenda kepelatihan era modern.

3.Arrigo Sacchi

Arrigo Sacchi mungkin tidak memiliki banyak trofi seperti beberapa nama lain di daftar ini, tetapi kiprahnya bersama AC Milan tetap menjadi lembaran spesial dan unik dalam sejarah Serie A.

Tahun 1980-an adalah waktu yang sangat menarik untuk revolusi sepakbola ketika aliran pemikiran yang berbeda mulai ditanamkan pada sepakbola Eropa.

Arrigo sacchi (sumber: minews.id)

Sepakbola Italia kala itu memiliki ciri khas inti di lini pertahanan sampai akhirnya Arrigo Sacchi memutuskan untuk membuat perubahan.

Baca juga :  Jika CR7 dan Real Madrid CLBK, Apa Untung Ruginya Bagi Juventus?

Sacchi mengkombinasikan kejeniusan pertahanan Franco Baresi dan Paolo Maldini dengan kemampuan menyerang Ruud Gullit dan Marco van Basten untuk menciptakan salah satu tim sepakbola terbaik dalam sejarah.

AC Milan yang menguasai segalanya, mendominasi Serie A dan juga memenangkan kompetisi Eropa berturut-turut di bawah kepelatihan Arrigo Sacchi.

2.Giovanni Trapattoni

Giovanni Trapattoni adalah murid dari Nereo Rocco dan membawa Catenaccio ke era baru yang melihat pentingnya seorang gelandang kreatif dalam permainan sepakbola.

Dijuluki ‘Il Trap’ dan sering dipuji oleh pers Italia, karir kepelatihan Giovanni Trapattoni di Italia berlangsung lebih dari dua dekade dan menghasilkan tujuh gelar Serie A.

Giovanni trappatoni (sumber: skysports.com)

Trapattoni sering disebut sebagai ‘Rubah Tua’ karena kemampuannya dalam menerapkan berbagai sistem taktis.

Bianconeri era kepelatihannya pun disebut-sebut sukses menerapkan Catenaccio di sepakbola Eropa dan di Serie A, sekaligus menjuarainya.

1.Helenio Herrera

Sejauh menyangkut warisan, pengaruh Helenio Herrera di sepakbola Italia tetap tak tertandingi di era pasca-perang.

Helenio herrera (sumber: soccerfootballwhatever.blogspot.com)

Juru taktik asal Argentina itu pindah ke Inter Milan setelah sukses bersama Barcelona dan merupakan salah satu pendiri Catenaccio.

Herrera adalah salah satu pelatih pertama dalam sejarah yang menggunakan bek sayap agresif seperti Giacinto Facchetti untuk menghasilkan efek kejut dalam sistem 5-3-2. Juru taktik revolusioner itu juga merupakan operator yang lihai dan merupakan salah satu orang pertama yang menggunakan atmosfer San Siro sebagai benteng yang sulit ditembus.

Inter Milan memenangkan tiga gelar Serie A dan dua Piala Eropa/Liga Champions selama kepelatihan Helenio Herrera.

Nerazzurri pun memiliki pengaruh yang bertahan lama di sepakbola Italia dan Herrera tetap menjadi salah satu tokoh sepakbola terpenting abad ke-20.

Penulis: Dhe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kenali Beberapa Risiko Penyakit dan Karakteristik Berdasarkan Golongan Darah

TELENEWS.ID - Apapun yang berkaitan dengan golongan darah tampaknya selalu menarik untuk disimak. Informasi mengenai diet sesuai golongan darah ataupun karakteristik seseorang...

Jumlah Miner Kripto Berkurang, Stok Kartu Grafis Diprediksi Segera Normal

TELENEWS.ID - Kabar baik bagi para pemilik PC gaming yang hendak meng-upgrade perangkat mereka, stok kartu grafis (VGA) disebut akan segera meningkat....

Disamakan Dengan Musuh Batman, Jeff Bezos Dilarang Balik Ke Bumi

TELENEWS.ID - Belum juga berangkat ke luar angkasa, Jeff Bezos sudah dilarang kembali ke bumi. Belum lama, beredar sebuah petisi online yang...

Untung Saja Belanda Masih Punya Mathijs De Ligt

TELENEWS.ID - Kemenangan meyakinkan Belanda kontra Austria membuktikan bahwa mereka beruntung masih memiliki Mathijs De Ligt. Bek sentra belia Juventus itu mampu...