Home Travel Menikmati Permainya Alam dan Perkebunan di Desa Agrowisata Pelaga

Menikmati Permainya Alam dan Perkebunan di Desa Agrowisata Pelaga

TELENEWS.ID – Mencari tempat wisata beriklim sejuk di Bali? Desa Pelaga bisa jadi salah satu pilihan. Destinasi agrowisata ini menyuguhkan panorama yang indah dari ketinggian, dengan potensi di bidang pertanian serta perkebunan yang pastinya sangat layak dikunjungi untuk memanjakan mata anda.

Karena lokasinya berada di dataran tinggi dengan kondisi lahan pegunungan, Desa Pelaga memiliki suasana sejuk yang menyenangkan. Pemandangannya pun sangat memanjakan mata, dengan gundukan hijau serta gunung sebagai latar belakang, menciptakan suasana indah bak lukisan. 

Bagus Agro Pelaga

Desa Pelaga dikategorikan sebagai destinasi agrowisata, hal ini berarti sektor pertanian dan perkebunan menjadi daya tarik utamanya. Di dalam kawasan Desa Wisata Pelaga ditanam berbagai jenis tanaman (polyculture) bernilai ekonomis tinggi yang dikelompokkan menjadi tiga yaitu komoditas sayur-sayuran (vegetables), bunga potong (cutting flowers) dan buah-buahan (fruits). Terdapat beberapa sayuran khas yang dibudidayakan di Desa Pelaga, seperti asparagus dan pare putih di banjar Bukian.

Untuk menghemat air, kebun tersebut dikelola dengan sistem tetes (drip irrigation system) di mana air dialirkan terbatas sesuai kebutuhan masing-masing tanaman. Pertanian yang dikelola dengan sistem tetes  dan berorientasi pasar ini selalu mempertimbangkan kontinuitas dalam produksinya untuk memenuhi tiga hal, yakni suplai, kualitas dan harga.

Selain perkebunan, ada pula beberapa obyek wisata menarik di sekitar Desa Pelaga, diantaranya air terjun Nungnung, Pucak Mangu dan jembatan Tukad Bangkung. 

Heri Heryanto

Air Terjun Nungnung memiliki ketinggian 50 meter dengan debit air cukup besar. Untuk mencapainya, pengunjung harus menempuh anak tangga yang jumlahnya cukup banyak hingga tiba di lembah sungai. Kemudian Pucak Mangu merupakan daerah puncak dimana terdapat sebuah pura suci tempat peribadatan umat Hindu Bali. Didirikan sekitar abad ke-16, Pura ini termasuk dalam salah satu pura kahyangan jagat atau pura sakral di Pulau Dewata.

Baca juga :  Banyak Pihak Keluhkan Umroh di Masa Pandemi

Sementara jembatan Tukad Bangkung merupakan jembatan terpanjang di pulau Bali. Jembatan yang membentang sepanjang 360 meter ini kerap menjadi lokasi foto bagi muda mudi lokal karena pemandangan sekitarnya yang luar biasa apik. Memiliki ketinggian 41 meter, jembatan Tukad Bangkung dibangun dengan teknologi ‘balanced cantilever’ dengan estimasi usia pemakaian hingga 100 tahun. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...