Home Travel Kuliner Menu Khas Hari Raya Lebaran dari Berbagai Negara

Menu Khas Hari Raya Lebaran dari Berbagai Negara

TELENEWS.ID – Tak lengkap rasanya bila tak menyantap beragam kuliner khas yang cuma disajikan kala memperingati hari raya Idul Fitri. Namun ternyata bukan cuma di Indonesia saja yang menyajikan kuliner khas yang unik dan juga lezat. Beberapa negara yang mayoritas beragama Islam pun merayakan lebaran dengan menyantap menu khas lebaran di negaranya masing-masing. Mari simak makanan khas hari raya lebaran dari beberapa negara berikut ini.

Kulhi Boakibaa (Maladewa)

Maladewa bukan hanya dikenal dengan keindahan pantainya, namun juga negara ini mayoritas beragam Muslim. Tak ayal hari raya Lebaran di Maladewa diperingati dengan sangat khidmat namun meriah. Sajian khas lebaran pun tak lupa dihidangkan. Masyarakat Maladewa pada saat hari raya lebaran tentu saja menyajikan Kulhi Boakibaa. Itu adalah masakan khas yang diolah dari hasil laut dengan bahan dasar ikan Tuna segar dan juga nasi.

Baklava (Turki)

Turki pun memiliki kuliner khas kala lebaran yaitu Baklava. Makanan khas lebaran di negara Turki ini memiliki tekstur berlapis dengan beragam isian. Cara memakan Baklava adalah dengan menyiram madu atau saus khusus sebagai toppingnya.

Bukan hanya Baklava, Turki pun menyajikan beragam permen atau manisan yang biasanya disebuh dengan Turkish Delight. Permen atau manis ini biasanya disantap sebagai cemilan saja.

Kahk (Mesir)

Mesir juga menyediakan makanan khas lebaran layaknya negara Islam lainnya. Kue Kahk adalah salah satu kudapan yang pasti tersaji di hari raya Idul Fitri. Kue ini disinyalir sudah ada sejak tahun 1540-an di Mesir. Kue tradisional berisi kacang dan berbentuk bulat ini adalah salah satu cemilan yang harus ada ketika memperingati hari raya lebaran di Negeri Piramida tersebut.

Seviyan (India)

Kuliner khas lebaran yang selalu disajikan di India adalah Seviyan. Kuliner yang sering juga dikenal dengan sebutan Sheer Kurma ini juga bisa ditemukan di beberapa negara tetangga seperti Bangladesh dan Pakistan. Kuliner khas lebaran ini terbuat dari mie seperti bihun yang diolah dengan carmamon, gula, susu ditambah dengan bahan lain seperti kurma, kismis atau almond.

Baca juga :  Angkringan yang Melegenda di Yogyakarta

Bolani (Afghanistan)

Bolani adalah makanan khas hari raya Idul Fitri yang Cuma ada di negara Afghanistan. Makanan ini terbuat dari roti yang nantinya akan dibuat berlapis. Isi dari Bolani ini biasanya terdiri dari beragam sayuran. Rasa dari makanan khas lebaran ini cukup khas dengan rasa gurihnya.

San Win Ma Kin (Myanmar)

Selanjutnya, Myanmar juga memiliki kuliner khas lebaran yang hanya disajikan kala hari raya Idul Fitri saja. Warga muslim di Myanmar biasanya tak lupa menyediakan San Win Ma Kin. Ini adalah makanan jenis puding atau kue dengan bahan dasar gandum. Biasanya makanan khas lebaran di Myanmar ini disajikan dengan makanan khas lainnya seperti halwa dan danbauk htamin san.

Chotpurry Curry (Bangladesh)

Negara Bangladesh pun tak ketinggalan memiliki kuliner khas hari raya lebaran dengan cita rasa yang pedas. Makanan seperti kari ini berbahan dasar dari kacang arab, telur, tentan dan berbagai macam bahan lain yang disajikan dengan kuah santan. Chotpoti Curry ini bercita rasa pedas yang penuh dengan rempah-rempah.

Baca juga :  6 Cafe Rooftop Unik di Jakarta

Manti (Rusia)

Jika anda ingin mencicipi kuliner khas lebaran yang cukup unik, Rusia adalah salah satu penghasil makanan khas. Terlihat seperti pangsit, namun Manti memiliki isian yang berbahan dasar daging domba. Makanan ini pun disajikan dengan saus sebagai pelengkap. Tak hanya di Rusia, Manti juga bisa ditemukan di berbagai negara Asia Tengah dan juga Asia Selatan. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....