Home Gaya hidup Merasa Menyesal Setelah Belanja Online 12.12? Jangan-jangan Kamu Kena Buyers Remorse!

Merasa Menyesal Setelah Belanja Online 12.12? Jangan-jangan Kamu Kena Buyers Remorse!

TELENEWS.ID – 12 Desember atau bertepatan dengan tanggal cantik 12-12, disebut sebagai Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Pada tanggal 1 Desember, online shop di berbagai e-commerce berlomba-lomba memberikan sale atau potongan harga gila-gilaan.

Tujuannya tentu untuk menarik minat customer berbelanja produk mereka. Bahkan tak jarang banyak produk mewah dan biasanya berharga mahal, dijual dengan harga yang sangat terjangkau pada tanggal ini. Sebagai akibatnya tak sedikit orang yang kemudian kalap dan menghabiskan banyak uang pada event Harbolnas kali ini.

Namun pernahkah kamu merasa menyesal dan bahkan merasa bersalah setiap kali selesai membelanjakan uangmu seperti pada saat Harbolnas kemarin? Ya tak sedikit orang yang mengaku merasakan penyesalan setiap kali mereka memborong sejumlah produk terutama saat masa diskon seperti Harbolnas kemarin.

Jika kamu juga merasakannya, maka kemungkinan besar kamu mengalami yang namanya “buyers remorse”. Istilah buyers remorse sendiri mengacu pada rasa penyesalan setelah melakukan pembelian. Hal ini sering dikaitkan dengan perasaan marah, menyesal dan bersalah setelah membeli barang mahal seperti kendaraan, perhiasan atau real estat. Namun kini sejumlah psikolog juga menyebut banyak orang yang membeli barang-barang murah namun dalam jumlah besar juga sering mengalami buyers remorse ini.

Penyesalan ini seringkali dibarengi dengan rasa takut atau stres, sehingga terkadang membuat pembeli ingin segera mengembalikan barang-barang yang mereka beli. Menurut penelitian, 64% orang pernah merasakan buyers remorse setelah membeli pakaian diskon. Selanjutnya sejumlah orang juga merasakan hal yang sama setelah memberi barang elektronik, perhiasan, rumah dan juga kendaraan.

Menurut Dr. Ross B. Steinman, profesor psikologi konsumen di Universitas Widener; sebenarnya adalah hal yang wajar jika ada pembeli yang merasa bersalah dan menyesal setelah membeli suatu barang. Ini karena iklan dan iming-iming diskon serta potongan harga dari suatu produk memanipulasi otak terkait keputusan untuk membeli sesuatu.

Baca juga :  5 Cara Alami untuk Mengatasi Komedo, Dijamin Aman dan Tanpa Efek Samping

Akibatnya karena diskon dan barang murah, banyak yang akhirnya merasa kalau mereka membeli sesuatu yang bukan menjadi kebutuhan utama mereka. “Strategi marketing suatu brand dengan diskon dan promosi sangat mempengaruhi perilaku belanja seseorang. Hal ini sering kali mengarahkan konsumen untuk membeli lebih dari yang mereka butuhkan” ujar Dr. Steinman

“Bagi banyak orang, lingkungan pemasaran tempat mereka berinteraksi atau iklan dan promosi yang mereka lihat, adalah stimulus yang secara kognitif dapat mengarahkan fokus diri mereka ke perilaku konsumen yang impulsif” tambahnya lagi.

Penelitian menemukan bahwa persentase pria dan wanita mengalami buyers remorse sama banyaknya. Sementara konsumen yang lebih muda melaporkan perasaan menyesal dan bersalah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan konsumen di generasi yang lebih tua.

Generasi Z menempati persentase tertinggi konsumen dengan buyers remorse mencapai dengan 70,8% dan berharap mereka “tidak melakukan pembelian,”. Sementara itu milenial menempati urutan kedua merasakan buyers remorse dengan persentase mencapai 70,1 %.

Baca juga :  Kulit Tak Juga Glowing, Kenali 5 Tanda Skincare Yang Biasa Kamu Pakai Sudah Tak Efektif

Meskipun begitu lucunya para responden yang menjadi subjek penelitian mengaku mereka masih akan tetap berbelanja saat mendapati diskon seperti Harbolnas kemarin atau Black Friday.

Psikolog menyarankan kamu mengembalikan barang yang kamu beli kalau mengalami buyers remorse seperti ini. Namun jika barang tidak bisa dikembalikan maka kamu harus mencoba memaafkan dirimu sendiri dan jadikan sebagai motivasi serta pelajaran untuk tak kalap belanja lagi di kemudian hari. Selain itu kamu bisa menyumbangkan barang yang kamu beli untuk mengurangi rasa bersalah dan menyesal yang muncul di hatimu.

Lalu bagaimana dengan kamu? Masihkah akan tetap belanja lagi kalau nanti ada diskon besar-besaran dari e-commerce atau online shop favoritmu? (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...