Home Teknologi Metaverse, Kecanggihan Teknologi Digital Dimasa Mendatang

Metaverse, Kecanggihan Teknologi Digital Dimasa Mendatang

TELENEWS.ID – Beberapa waktu kebelakang ini, istilah Metaverse telah ramai diperbincangkan. Sebenarnya apa sih itu Metaverse?

Metaverse adalah suatu teknologi Augmented Reality alias AR yang kemungkinan besar seseorang dapat berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual. Seperti kita ketahui, perubahan nama raksasa teknologi Facebook milik Mark Zuckerberg, kini menjadi Meta.

Teknologi canggih ini pun memiliki keterkaitan dengan aset kripto, dimana fungsinya sebagai alat transaksi jual beli di Metaverse itu sendiri. Bahkan, beberapa aset kripto pun telah terhubung dengan Metaverse. Sebut saja, Decentraland (MANA) dan Sandbox (SAND).

Seperti dilansir dari blog pribadi milik Bill Gates yakni gatesnotes.com. Bill Gates selaku Co-founder Microsoft pun memprediksi jika sebagian besar manusia akan bekerja melalui Metaverse.

Ia meyakini di tahun 2022 mendatang merupakan titik awal perubahan manusia pada perkembangan teknologi digital.

Bill Gates berpendapat kalau kehidupan manusia akan berubah dengan era serba digital. Terlebih, usainya pandemi Covid-19, Gates melihat perkembangan digital akan melaju lebih pesat.

Lebih mudahnya, ia memberikan contoh bahwa kehidupan kita saat ini dialihkan dengan yang serba online seperti belanja bahan makanan online sampai ke video chat. Selain itu, Gates pun memprediksi kalau Metaverse akan mengubah pola kebiasaan di dunia kerja juga.

Dalam tulisan blognya, Gates menyatakan, di masa depan, perusahaan akan lebih fleksibel pada karyawannya untuk bekerja jarak jauh dengan tidak lagi bekerja dari kantor.

Bahkan, ada indikasi yang dimana enam perusahaan teknologi raksasa menggunakan Metaverse. Alasan cukup sederhana, karena teknologi digital ini sangatlah menjanjikan.

Metaverse bisa menjadi platform yang sangat besar dalam mendapatkan pundi-pundi cuan. Sekiranya enam perusahaan teknologi raksasa yang menggunakan Metaverse, antara lain:

  1. Google
    Bagi Google, Metaverse merupakan sebuah evolusi. Bahkan, Google berencana akan membuat Metaverse melalui produk Google Glass.
  2. Facebook
    Salah satu platform yang satu ini adalah yang meramaikan Metaverse. Sehingga, nama Facebook berganti menjadi Meta.
Baca juga :  Ancaman Catfishing dalam Kencan Online

Rencana jangka panjangnya, mereka kini tengah mempersiapkan berbagai macam teknologi untuk menjadi perusahaan yang paling advance di Meta.

  1. Microsoft
    Selanjutnya ada platfotm Microsoft yang ikut terjun ke Metaverse. Mereka ingin memanjakan penggunanya untuk bisa rapat virtual di dunia Meta.

Rencananya di tahun 2022 mendatang, mereka akan merilis Mesh for Teams. Kedepannya, pengguna melakukan pekerjaan secara virtual tanpa harus ke kantor.

  1. Binance
    Binance merupakan salah satu hal terpenting di Metaverse. karena mata uang kripto dan blockchain adalah media transaksinya. Maka dari itu, Binance sesegera mungkin untuk menyediakan infrastruktur dalam perdangan di era kecanggihan teknologi masa mendatang.
  2. Tencent
    Dua platform dari Tencent seperti WeChat dan Tencent QQ juga akan masuk ke Metaverse. Dengan maraknya Metaverse di era kecanggihan teknologi, mereka juga membangun platform Metaverse versinya sendiri.
  3. Epic Games
    Fortnite merupakan salah satu platform Metaverse yang dipersiapkan secara matang. Bukan tanpa sebab, mereka sudah memiliki 350 juta pemain terdaftar.
Baca juga :  Teknologi Ini Bisa Deteksi Politikus Yang Main Ponsel Saat Sidang

Dengan inovasi Metaverse, Epic Games pun menargetkan lebih besar yakni menarik sekitar 60 juta pengguna. Katanya mereka berencana membuat konten AR, VR dan 3D dalam mengembangkan ekosistem untuk para kreator. (Dion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...