Home Gaya hidup Minyak Goreng Langka, Satgas Pangan Beri Tips Agar Terhindar dari Penipuan Penjual...

Minyak Goreng Langka, Satgas Pangan Beri Tips Agar Terhindar dari Penipuan Penjual Minyak Goreng Oplosan

TELENEWS.ID – Di tengah harga minyak goreng yang sedang melonjak naik, banyak pedagang nakal yang memanfaatkan kondisi ini dengan menjual minyak goreng oplosan.

Dikatakan Satgas Pangan Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Eka Mulyana, mahalnya minyak goreng tidak lepas dari aksi panic buying yang banyak dilakukan masyarakat.

“Jadi harus waspada, sebenarnya yang diantisipasi ada panic buying. Sebenarnya minyak tidak langka, karena banyak pemberitaan harga naik, mereka berduyun-duyun membeli,” ujar Eka, Kamis (3/3/2022).

Eka juga mengatakan bahwa panic buying membuat masyarakat tidak teliti saat membeli minyak, alhasil mudah termakan bujuk rayu dan iming-iming minyak goreng murah.

Hal ini sebagaimana kejadian yang terjadi di Jawa Tengah, ditemukan beberapa penjual nakal minyak goreng oplosan yang modusnya dijual door to door (rumah ke rumah) atau dijual online, dengan dalih minyak goreng murni premium.

“Minyak goreng industri rumahan diakui sebagai premium, setelah itu diberi kemasan dan dikasih label. Jadi kena izin edar undang-undang perlindungan konsumen,” ungkap Eka.

Sehingga ia menegaskan tips terhindar dari penipuan minyak oplosan, yaitu tidak panic buying dan lebih waspada untuk mengetahui modus penjualan minyak goreng pedagang nakal yang biasanya tidak dari supplier resmi.

“Pokoknya ketetapan harga dari pemerintah yaitu minyak goreng curah Rp 11.500, dan Rp 14.500 untuk minyak kemasan atau pemium,” tutup Eka. (Nanang Middin)

Baca juga :  5 Zodiak Paling Keras Kepala dan Tak Mau Mengakui Kesalahan Mereka, Kamukah Salah Satunya?
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...