Home Internasional Misteri Hilangnya MH370: Benarkah Pilot Sengaja Hindari Radar?

Misteri Hilangnya MH370: Benarkah Pilot Sengaja Hindari Radar?

TELENEWS.ID – Meskipun sudah tujuh tahun berlalu, namun misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 masih menarik untuk terus dikaji oleh para ahli. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa pesawat itu memang sengaja berbelok untuk menghindari radar.

Insiden hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang terjadi pada tahun 2014 menjadi perhatian khusus sekelompok peneliti independen yang dipimpin oleh insinyur aeronautika yang bernama Richard Godfrey. Mereka pun memaparkan hasil penelitian misteri MH370 yang mengungkapkan hal baru.

Menurut Godfrey, kapten pilot yang menerbangkan pesawat tersebut, yakni Zaharie Ahmad Shah, sengaja membuat pesawat berbelok berkali-kali, kemudian mengubah kecepatan untuk menghindari rute penerbangan komersial dan juga untuk menghindari deteksi radar.

Selain itu, Kapten pilot itu diduga meninggalkan jejak palsu pada jalur yang tidak semestinya, yaitu di sekitar barat Indonesia dan Samudra Hindia. Jalur penerbangan pesawat tersebut terlihat sangat berbeda dari teori sebelumnya berdasarkan data dari satelit.

Godfrey juga menuturkan setiap pesawat baik komersial, pribadi, atau militer akan memicu kabel trip elektronik tak terlihat saat mereka melewati sinyal (WSRP) ini yang kemudian bisa digunakan untuk melacak lokasi mereka.

“WSPR seperti sekumpulan tripwires atau sinar laser tetap bekerja di segala arah di cakrawala ke sisi lain dunia,” kata Godfrey seperti dikutip ABC News, Pada Jumat (07/05/2021).

Diinformasikan sebelumnya, bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370 diduga jatuh di posisi 34,5 derajat selatan, barat daya Australia Barat.

Namun penelitian baru Godfrey ini menemukan bahwa pilot MH30 telah mengubah jalur penerbangan serta  kecepatan pesawat beberapa kali untuk mengelabui ke mana arah sebenarnya pesawat itu pergi.

“Pilot MH370 pada umumnya mencoba menghindari jalur resmi mulai pukul 18:00 UTC, dan menggunakan jalur tidak resmi di Selat Malaka, di sekitar Sumatra dan melintas Lautan India. Jalur ini mengikuti pesisir pantai Sumatra dan terbang dekat dengan Bandara Banda Aceh,” tambah Godfrey

Baca juga :  Dampak Kudeta Myanmar, Thailand Jadi Tujuan Penyelundupan Narkoba

“Pilot tampaknya memiliki pengetahuan mengenai jam beroperasinya radar di Sabang dan Lhokseumawe dan di malam di akhir pekan, di mana situasi internasional tidak genting sama sekali, radar tidak akan berfungsi sama sekali,” lanjutnya lagi.

Menurutnya, apabila kemudian pesawat tersebut terdeteksi radar, maka pilot juga tentunya akan berupaya menghindar, alih-alih menunjukkan ke arah mana dia pergi dengan menggunakan jalur penerbangan yang berubah-ubah.

“Perubahan ini termasuk jalur menuju Kepulauan Andaman, ke arah Afrika Selatan, ke Jawa, ke posisi 2Selatan92 Timur (Wilayah Informasi Penerbangan Jakarta, Colombo, dan Melbourne bertemu) dan juga ke arah Kepulauan Cocos.” Ujar Godfrey.

Baca juga :  Uni Eropa Berlakukan Bea Masuk Bagi Produk Baja Nirkarat dari China, Indonesia dan Taiwan

“Dan setelah berada di luar jangkauan pesawat lain di pukul 20.30 UTC, pilot mengubah lagi jalur dan bergerak menuju ke selatan. Jalur penerbangan ini tampaknya sudah direncanakan dengan baik,” Tegasnya. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...