Home Gaya hidup Kesehatan Mitos atau Fakta? Minuman Warna Pink Bisa Bikin Lari Lebih Cepat

Mitos atau Fakta? Minuman Warna Pink Bisa Bikin Lari Lebih Cepat

TELENEWS.ID – Suka minuman penambah energi untuk berolahraga? Ada kabar menarik untuk anda. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan indikasi bahwa minuman berwarna pink atau merah muda rupanya berpengaruh signifikan dengan kemampuan berlari cepat.

Hal tersebut diungkap pada sebuah studi yang dilakukan Center of Nutraceuticals Universitas Westminster, Inggris. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa minuman merah muda dapat meningkatkan kinerja olahraga sebesar 4,4 persen dan juga dapat meningkatkan efek ‘perasaan baik’ yang dapat membuat olahraga tampak lebih mudah ketimbang minuman berwarna bening.

Dalam studi yang dilakukan, peserta diminta untuk berlari di atas treadmill selama 30 menit dengan kecepatan yang dipilih sendiri untuk memastikan tingkat pengerahan tenaga mereka tetap konsisten. 

Sepanjang latihan olah tubuh tersebut, mereka diperbolehkan membasuh mulut dengan minuman manis buatan merah muda yang rendah kalori atau minuman bening yang juga dimaniskan dan rendah kalori. Kedua minuman itu sesungguhnya sama persis, hanya saja di minuman satunya ditambahkan pewarna makanan berwarna merah muda. 

Para peneliti pun menyimpulkan suatu hipotesis bahwa warna merah muda memiliki kaitan dengan rasa manis sehingga meningkatkan ekspektasi asupan gula serta karbohidrat dalam tubuh. 

Dari statistik yang dikumpulkan terlihat bahwa para peserta berlari rata-rata 212m lebih jauh dengan minuman merah muda, sementara kecepatan rata-rata mereka selama tes latihan juga meningkat sebesar 4,4%. Perasaan senang juga ditingkatkan yang berarti peserta merasa lebih menyenangkan.

“Temuan dari penelitian kami menggabungkan seni gastronomi dengan nutrisi performa, karena menambahkan pewarna merah muda ke larutan pemanis buatan tidak hanya meningkatkan persepsi rasa manis, tetapi juga meningkatkan perasaan senang, kecepatan lari yang dipilih sendiri, dan jarak tempuh” ungkap Dr. Sanjoy Debb dari tim peneliti Westminster. 

Baca juga :  Artis Hanna Kirana Meninggal Akibat Gagal Jantung, Ikuti 6 Pola Makan Ini untuk Mencegah Sakit Jantung

“Pengaruh warna pada kinerja atletik telah menarik perhatian sebelumnya, dari efeknya pada perlengkapan olahragawan hingga dampaknya pada testosteron dan kekuatan otot” papar Dr. Sanjoy kemudian. 

“Demikian pula, peran warna dalam gastronomi telah mendapat perhatian luas, dengan penelitian yang dipublikasikan tentang bagaimana isyarat visual atau warna dapat mempengaruhi persepsi rasa selanjutnya saat makan dan minum.” Pungkasnya. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...