Home Hiburan Film Mitos atau Fakta, Nonton Film Horor Seperti Pengabdi Setan: Communion Bisa Bakar...

Mitos atau Fakta, Nonton Film Horor Seperti Pengabdi Setan: Communion Bisa Bakar 150 Kalori?

TELENEWS.ID – Film “Pengabdi Setan 2: Communion” agaknya meraih sukses yang cukup besar usai penayangan perdananya pada 4 Agustus 2022 yang lalu. Bahkan film yang dibintangi oleh Ratu Felisha, Muzzaki Ramdhan, Fatih Unru, Jourdy Pranata, Kiki Narendra, Iqbal Sulaiman dan Nazifa Fatiah Rani sudah berhasil mengeruk sekitar 1 juta penonton.

“Sampai dengan jam 16.00 di hari kedua sudah lebih dari 1.000.000 nemenin Pak Ustad keliling rumah susun” tulis Joko Anwar di akun Instagram miliknya. “Alhamdulillah. Yuk yang belum. Temenin Toni dan Pak Ustad keliling rumah susun,” tulisnya lagi.

Antusiasme penonton film “Pengabdi Setan 2: Communion” memang sudah diprediksi, mengingat Pengabdi Setan 1 juga cukup sukses serta menyisakan jalan cerita yang masih menggantung. Penonton yang penasaran pun kemudian berbondong-bondong ke bioskop, untuk menikmati teror tokoh “Ibu” di film “Pengabdi Setan 2” ini.

Selain itu, menonton film horor kabarnya juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya ada yang meyakini bahwa menonton film horor bisa membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak. Bahkan konon nonton film horor bisa membantu membakar hingga 150 kalori.

Para peneliti di University of Westminster di London mengukur detak jantung, asupan oksigen, dan keluaran karbon dioksida dari para partisipan saat mereka menonton 10 film menakutkan. Dari penelitian itu, mereka yang menonton film horor selama 90 menit, dapat membakar sekitar 150 kalori. setara jumlah yang sama yang terbakar selama 30 menit berjalan kaki.

Peneliti juga menemukan bahwa film dengan momen jump-scare, yang paling memungkinkan untuk membakar kalori paling banyak karena memberikan dorongan terbesar pada detak jantung.

“Masing-masing dari 10 film horor yang diuji membuat denyut nadi berpacu, memicu peningkatan detak jantung,” kata Richard Mackenzie, dosen senior dan spesialis metabolisme sel dan fisiologi di University of Westminster.

Baca juga :  Top Tips Tampil Menawan dengan Busana Serba Putih

“Ketika denyut nadi menjadi lebih cepat dan darah memompa ke seluruh tubuh lebih cepat, tubuh mengalami lonjakan adrenalin. Ini adalah pelepasan adrenalin yang bekerja cepat, yang dihasilkan selama ledakan singkat stres yang intens atau dalam hal ini, disebabkan oleh rasa takut. Kondisi ini dikenal untuk menurunkan nafsu makan, meningkatkan tingkat metabolisme basal dan akhirnya membakar tingkat kalori yang lebih tinggi” lanjutnya

Dokter Kedokteran Olahraga Dr. David Geier juga menyebut bahwa menonton film horor juga sama efeknya dengan berolahraga. “Menonton film seram tampaknya memiliki efek yang mirip dengan olahraga,” kata Geier. “Detak jantung lebih baik, pernapasan lebih baik, pertukaran oksigen dan karbon dioksida juga jadi lebih baik”

Beberapa peneliti juga setuju bahwa film-film ini membakar kalori seperti yang kita lakukan saat berolahraga. Namun seberapa banyak kalori yang terbakar saat menonton film horor seperti “Pengabdi Setan 2: Communion” ini, juga tergantung pada beberapa faktor lain.

Baca juga :  Ingin Beli Hampers Lebaran Online? Baca 6 Tips Ini Dulu Yuk!

“Untuk orang-orang tertentu yang memiliki masalah kecemasan atau kondisi medis lainnya, film semacam ini tidak memiliki reaksi yang baik terhadap mereka, jadi saya pikir itu tergantung pada penontonnya,” kata Dr. Vasant Patel, Wakil Presiden Asosiasi Kardiologi Carolina dan Ketua di departemen Kedokteran Piedmont Medical Center.

Selain itu, tentu saja kamu tidak akan begitu saja langsing secara otomatis saat menonton film horor. Kamu juga harus menyertainya dengan makan-makanan sehat, olahraga dan juga menjalani gaya hidup yang lebih sehat. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...