Home Otomotif Mobil Terbang Pertama di Dunia Sukses Mengudara Antarkota

Mobil Terbang Pertama di Dunia Sukses Mengudara Antarkota

TELENEWS.ID – Siapa yang bisa membayangkan mobil yang sejatinya berjalan di atas aspal atau darat, kini bisa terbang?

Tapi hal itu nyata dan dibuktikan oleh AirCar, sebuah prototipe mobil terbang karya Klein Vision.

Dilansir dari autoevolution.com, AirCar yang pertama telah menjalani uji coba terbang sejak akhir tahun 2020. Dan itu berlanjut dengan melakukan uji terbang antarkota untuk pertama kali yang dimulai dari Bandara Internasional Bratislava, Slovakia.

Pada 28 Juni 2021, AirCar menjalani uji coba terakhir dengan melakukan penerbangan hingga 35 menit. Dengan begitu, maka AirCar telah menjalani 142 penerbangan dengan total waktu 40 jam di udara.

Pendiri sekaligus CEO Klein Vision, Professor Stefan Klein, mengatakan bahwa ada dua mode percobaan yang sukses dijalani AirCar. Dalam artian, mobil itu masih mampu berjalan di atas aspal setelah melakukan penerbangan.

Uniknya, tiga menit adalah waktu yang dibutuhkan oleh AirCar untuk mengonversi dari mode terbang ke mode darat.

Sedangkan dilansir dari situs resmi mereka, klein-vision.com, mesin buatan BMW digunakan oleh model AirCar pertama.

Mesin itu berkapasitas 1.600 cc dengan tenaga 140 dk, dan AirCar dapat terbang dengan kecepatan 190 km/jam dengan kemampuan take-off pada sudut 45 derajat.

AirCar sendiri memiliki bobot 1.100 kilogram dan saat terbang mampu mengangkut beban hingga 200 kilogram atau sekitar dua penumpang.

Untuk bahan bakarnya sendiri, AirCar membutuhkan 18 liter per jam terbang. Namun karena belum ada mobil serupa yang bisa jadi pembanding, maka tidak bisa ditentukan apakah AirCar memiliki konsumsi bahan bakar yang boros atau irit.

Yang jelas, Klein Vision mengklaim bahwa mereka akan membuat prototipe kedua AirCar dengan mesin yang lebih baik dari versi pertama, dengan menggunakan mesin bertenaga 300 dk meskipun belum diketahui buatan mana.

Baca juga :  Volkswagen dan Microsoft Jalin Kerjasama Untuk Mengalahkan Tesla

Dengan mesin baru tersebut, pihak Klein Vision memastikan bahwa prototipe terbaru AirCar mampu melesat hingga 300 km/jam di udara dengan daya tempu mencapai 1.000 km sekali jalan.

Untuk karya tersebut, pihak Klein Vision berharap mendapatkan sertifikat terbang EASA CS-23 dan izin jalan di darat sebagai BMW M1. Namun apakah mobil terbang itu akan diproduksi secara massal dalam waktu dekat, masih harus menunggu informasi lebih lanjut. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...