Home Otomotif Motor Kamu Mogok, Sudah Cek Injektor-nya?

Motor Kamu Mogok, Sudah Cek Injektor-nya?

TELENEWS.ID – Lebih dari satu dekade kebelakang ini, sepeda motor menjadi kendaraan yang dipilih sebagian besar orang sebagai mobilitas kegiatan sehari-hari. Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, si kuda besi ini mengalami beberapa inovasi dari segi bentuk, variasi hingga fitur didalamnya.

Kini, hampir sebagian banyak orang mengikuti perkembangan jaman dengan membeli motor injeksi dari berbagai macam merk kenamaan di Indonesia. Bukan tanpa sebab, motor injeksi dinilai lebih modern, modis, praktis hingga ramah lingkungan serta ekonomis dari macam-macam variannya.

Khususnya ditujukan pada varian motor matic. Akan tetapi, keawetan si kuda besi kembali lagi pada pemiliknya dalam merawat agar performa mesin tetap terjaga saat berkendara.

Bagaimana kalau kita rajin melakukan servis rutin disetiap bulan atau jangka waktu tertentu, tetapi motor suka mengalami kendala? Khususnya kamu yang memiliki motor injeksi.

Jika motor kamu sering kali mogok dijalan dan sulit dinyalakan dengan starter, pastikan dalam kondisi tenang dan tidak panik. Nyalakan motor dengan engkol atau celah, dan diamkan motor selama 5 menit dalam kondisi mesin menyala.

Atau kamu bisa mencari bengkel terdekat. Setelah di bengkel, kamu bisa mengecek kondisi motor mulai dari mesin, busi, keprock, dan kelistrikan.

Apabila kondisi mesin, busi, keprock, dan kelistrikan dalam kondisi baik, kamu tidak perlu khawatir. Permasalahan yang ada di motor injeksi tersebut yakni terletak pada injektor yang kotor.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Caranya cukup mudah. Kamu cukup membeli injector cleaner.

Injector cleaner adalah alat yang digunakan untuk membersihkan bagian injeksi motor yang membuat kendaraan kesayanganmu mogok. Dalam penggunaannya, injector cleaner ini membersihkan lubang yang terletak pada komponen injeksi dari hasil sisa pembakaran.

Baca juga :  Tren Dunia, Kemenperin Kembangkan Kendaraan Listrik

Bukan hanya itu saja, injector cleaner juga berkinerja dalam menjaga bahan bakar si kuda besi agar selalu terjaga kebersihannya. Adapun kegunaan lainnya seperti meningkatkan performa mesin saat kamu berkendara.

Proses pemasangan atau penggunaan injector cleaner ini tidak memakan waktu lama. Cukup memasang cairan injector ke alat pembersih yang biasa digunakan di bengkel. Kemudian, salurkan ke konektor pada saluran atau tangki bensin.

Setelah itu nyalakan mesin motor hingga 15 menit agar cairan injector cleaner menyatu dengan bensin, sekaligus membersihkan injektor yang kotor.

Namun perlu diketahui pula, penggunaan injector cleaner ini tidak boleh terlalu sering. Akibatnya, motor kamu akan sulit dinyalakan atau bisa jadi mati secara tiba-tiba saat berkendara alias mogok. (Dion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...