Home Olah Raga Mourinho Pantau Pemainnya Via Drone

Mourinho Pantau Pemainnya Via Drone

Pemanfaatan teknologi mutakhir di bidang olahraga memang semakin marak dewasa ini. Terakhir, pelatih anyar AS Roma, Jose Mourinho, menerapkan hal tersebut dengan menggunakan sarana drone guna memantau perkembangan para anak asuhnya.

Bersamaan dengan penggunaan drone tersebut, sebuah layar raksasa kini terpasang di pusat latihan tim utama AS Roma, Trigoria. 

Dengan penggunaan drone tersebut, Mou beserta jajaran safnya berharap bisa lebih detail lagi dalam melihat perkembangan setiap pemain, terutama dalam hal yang berhubungan dengan kemampuan memahami strategi.

Pasalnya dengan pantauan kamera drone dari ketinggian, Mou bisa melihat dengan saksama apakah setiap pemain memiliki disiplin posisi dan pergerakan tanpa bola yang baik, serta mampu menerjemahkan skema yang diusungnya dalam sebuah permainan. Hal-hal ini biasanya luput dari mata telanjang.

Kemudian hasil tangkapan drone itu akan diperlihatkan dalam layar raksasa yang terpampang di pemusatan latihan. Mou dan staf kepelatihan Roma pun bisa langsung mengoreksi jika ada kesalahan dari para pemainnya selama sesi latihan. 

Penggunaan drone dan layar raksasa itu menjadi gebrakan pertama Mourinho sejak ditunjuk sebagai pelatih Il Lupi beberapa waktu silam. Hasilnya? The Special One kabarnya telah ‘memarkir’ delapan pemain inti di latihan pertama pramusim AS Roma.

Adapun Mou bukanlah sosok pelatih pertama yang melakukan hal tersebut dalam sepakbola. Sebelumnya, juru taktik muda Julien Nagelsmann juga telah membuat hal serupa kala melatih Hoffenheim. 

Bedanya, pria yang kini menjabat sebagai manajer Bayern Munchen itu juga menggunakan layar tersebut untuk ‘membedah’ kekuatan strategi lawan yang akan mereka hadapi. Pelatih kawakan Serie-A, Maurizio Sarri juga sempat membuat hal yang sama kala menukangi Napoli.

Penunjukkan Mourinho untuk menggantikan Paulo Fonseca diharapkan dapat memberi angin segar bagi Roma dan membawa mereka kembali ke perburuan gelar Scudetto. Musim lalu, Lorenzo Pellegrini dkk mengalami musim yang buruk dan hanya mampu finish di peringkat 7 klasemen, bertaur 30 poin dari Internazionale yang keluar sebagai juara.

Baca juga :  Ingkar Janji, Jose Mourinho Resmi Latih Pesaing Internazionale

Adapun sentuhan teknologi yang diusung Mou menuai pujian dari sejumlah pengamat, termasuk mantan pelatih legendaris Italia, Arrigo Sacchi. Itu (drone dan layar lebar) adalah bagian dari pertunjukannya (Mourinho). Seolah ingin menunjukkan bahwa dia akan membuat AS Roma musim ini bersenang-senang,” papar Sacchi. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...