Home Nasional Politik Munculnya Prediksi Tiga Poros Pilpres 2024

Munculnya Prediksi Tiga Poros Pilpres 2024

TELENEWS.ID – Pemilu 2024 memang masih lama akan bergulir, namun tidak menutup kemungkinan untuk tokoh politik, masyarakat, lembaga survei, dan partai politik untuk mulai menyusun rencana matang. Lembaga survey Indikator Politik Indonesia, sudah mulai bersuara terkait calon dan pembentukan poros utama yang diprediksi meramaikan pilpres 2024.

Menurut lembaga survei Indikator Politik Indonesia ada kemungkinan terbentuknya tiga poros utama dalam pilres 2024. Poros pertama diisi oleh Prabowo Subianto dan Puan Maharani, poros kedua diisi oleh pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, serta poros ketiga diisi oleh pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Tohir.

Lembaga survei ini pun sudah melakukan survei kepada masyarakat untuk ketiga pasangan dan mempublikasikan hasilnya. Dilansir dari Sindonews.com, pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Tohir menduduki peringkat tertinggi dengan 31,1% suara.

Sedangkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berada di peringkat kedua dengan 28,1%, serta di tempat ketiga ada Prabowo Subianto dan Puan Maharani dengan 10%. Adapun survey ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dimana jumlah responden sebanyak 2020 orang, serta memiliki margin of eror sebesar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Diketahui belakangan ini muncul sejumlah relawan yang sudah mendeklarasikan diri untuk mendukung pasangan dari ketiga poros capres cawapres. Deklarasi untuk Prabowo-Puan misalnya, diadakan pada Rabu, 3 November 2021 ini menamakan diri mereka Poros Prabowo-Puan.

Sedangkan, ada Relawan dengan nama BERAKSI yang memberikan dukungannya untuk Anis Baswedan di Pilpres 2024. Selain itu Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) juga muncul untuk memberi dukungan. Lalu sejumlah relawan di beberapa daerah juga mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo, salah satunya Sahabat Ganjar Pranowo (GSP) di Semarang.

Ada juga Garda Relawan Indonesia Semesta (GARIS) yang merupakan lanjutan dari dukungan mereka dimasa Joko Widodo pada Pilpres 2019-2024, mendeklarasikan untuk mendukung Ganjar Pranowo.

Selain sebagai founding father dari partai Gerindra, kepemimpinan prabowo dalam partai dianggap sangat dibutuhkan untuk masyarakat Indonesia. Melansir dari hasil survey indikator politik Indonesia, masyarakat memiliki tingkat kepuasan tertinggi pada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Adapun rincian hasil survey yang dilakukan menghasilkan 62% masyarakat puas, 13% cukup puas, 2% tidak puas dan 15% tidak menjawab. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto yang dideklarasikan oleh relawan, Puan Maharani juga tidak kalah berpengaruh di Indonesia.

Baca juga :  Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

Putri dari Mantan Presiden Megawati Soekarno Putri ini sudah mengemban jabatan startegi di pemerintahan. Mulai dari Ketua DPR RI 2019-2024 hingga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Kerja Jilid 1.

Pasangan kedua yang diprediksi akan muncul dalam pilpres 2024 adalah Anis Baswedan-Sandiaga Uno. Sejumlah kalangan dan masyarakat menilai kepemimpinan Anis untuk ibukota dinilai telah berhasil mengatasi sejumlah masalah.

Beliau dinilai cepat dalam bertindak. Begitu juga dengan mantan wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Sandiaga Uno dipilih sebagai menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Latar Belakang sebagai pimpinan banyak perusahaan dianggap mampu dalam membenahi manajemen pelayanan masyarakat dan memberikan kemudahan.

Belakangan ini nama Ganjar Pranowo dan Erick Tohir memang sedang santer dibicarakan. Ganjar sendiri merupakan Gubernur Jawa Tengah yang memang memiliki elektabilitas dan popularitas tinggi.

Hal ini dibuktikan oleh masyarakat Jawa Tengah yang puas dengan kinerja gubernur jawa tengah ini selama 2 periode kepemimpinannya di Jawa Tengah. Sedangkan untuk Erick Tohir sendiri dipilih presiden Joko Widodo sebagai menteri BUMN pada kepemimpinannya diperiode kedua.

Baca juga :  KIPP Tidak Sepakat Pasal Sapu Jagat Usulan Bawaslu Untuk Pilkada 2020

Salah satu terobosan mantan presiden Inter Milan ini adalah perampingan beberapa anak perusahaan BUMN dengan menutup beberapa anak dan cucu perusahaan inti BUMN dan banyak jajaran direksi dan komisaris yang dicopot jabatannya karena dianggap tidak menyelesaikan pekerjaannya selama ini serta mengganti dengan beberapa nama baru.

Tokoh politik lain yang belum muncul adalah Agus Harimurti Yudhoyono yang kemungkinan membentuk salah satu poros baru untuk Demokrat.

Lalu, ada Ridwan Kamil yang sudah mendeklarasikan diri akan maju menjadi Capres atau Cawapres 2024, namun belum memiliki partai. Ridwan Kamil juga membuka peluang poros baru dengan beberapa partai islam seperti yang diinginkan.

Selain dari sisi tokoh politik, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai akan ada 3 poros koalisi dalam Pilpres 2024. Poros pertama adalah koalisi Partai PDIP dan Partai Gerindra.

Poros koalisi kedua adalah Nasdem bersama Demokrat dan PKS. Sedangkan poros koalisi ketiga adalah Golkar, PKB, PAN, dan PPP.

Adapun pengamatan ini berdasarkan kedekatan partai saat ini beserta beberapa tokoh politik yang muncul serta kemungkinan masuk menjadi capres dan cawapres. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...