Home Gaya hidup Murah dan Gampang, Tips Menyuburkan Rambut Secara Alami dengan Air Bekas Merendam...

Murah dan Gampang, Tips Menyuburkan Rambut Secara Alami dengan Air Bekas Merendam Beras

TELENEWS.ID – Belum lama ini di TikTok sempat trending tagar #ricewaterchallenge. Trend ini dimulai saat Kourtney Kardashian mengaku ia biasa mencuci rambut dengan air bekas merendam beras. Kourtney percaya bahwa air rendaman beras bisa membantu menyuburkan rambutnya.

Aksi Kourtney ini langsung menjadi trend dan sempat ditiru oleh para TikTok influencers. Aksi mereka ini telah mengumpulkan ratusan ribu views di tutorial mereka saat mencuci rambut dengan menggunakan air bekas rendaman beras ini.

Penggunaan air rendaman beras untuk mencuci rambut ini melalui proses membilas atau menyemprot rambut dengan air yang telah direndam dalam semangkok beras. Bahkan sekarang malah muncul produk yang muncul yang mengklaim menggunakan air bekas merendam beras alami, sehingga kita tidak perlu ribet untuk merendam beras untuk cuci rambut.

Namun tentu saja trend kecantikan seperti ini tidak bisa dengan mudah kita percaya. Ini karena banyak sekali trend kecantikan yang justru merugikan wanita itu sendiri. Karena itulah beberapa dokter kulit dan rambut mencoba untuk menyampaikan pendapat mereka mengenai efek air rendaman beras untuk menyuburkan rambut ini.

Menurut sejumlah literatur, kebiasaan mencuci rambut dengan air bekas merendam beras sudah sering digunakan oleh wanita Asia sejak berabad-abad yang lampau. Mereka menggunakan air rendaman beras yang murah dan mudah didapat, untuk menyehatkan dan menumbuhkan rambut mereka.

Lalu apakah benar air bekas merendam beras bisa membantu menyuburkan dan menyehatkan rambut? Jawabannya ternyata bisa saja. “Vitamin, mineral, dan hormon inositol semuanya ditemukan dalam air beras, yang dapat membuat rambut lebih halus, lebih lebat, tidak terlalu kusut, dan lebih panjang,” kata Dr. Kavita Mariwalla, MD, FAAD, dokter kulit di West Islip, New York.

Dr. Mariwalla menyebutkan ada banyak kandungan vitamin dan mineral pada air bekas merendam beras yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. “Secara teori, vitamin B dan vitamin E dapat membantu bertahan melawan oksidasi dan penuaan rambut” begitu tambahnya.

Baca juga :  Kamu Harus Punya, 6 Jenis Jaket Jeans yang Akan Membuatmu Semakin Fashionable

Selain itu sebuah studi di International Journal of Cosmetic Science merangkum manfaat menggunakan air beras. Menurut penelitian ini, keramas degan dengan air rendaman beras mengurangi gesekan rambut dan meningkatkan elastisitas rambut.

Dr. Mariwalla menjelaskan bahwa rambut juga bisa terasa lebih halus karena pati beras berada di folikel rambut, dan berfungsi sebagai pelapis pelindung rambut. Namun Dr. Mariwalla memastikan tidak akan ada efek singkat dan secepat kilat saat menggunakan air bekas merendam beras untuk rambut ini. Akan tetapi ia memastikan bahwa vitamin dan pati pada air cucian beras, dapat menambah kilau dan membuat rambut lebih kuat.

Lalu bagaimana cara membuat air rendaman beras untuk menyuburkan rambut?

  1. Pertama ambilah segenggam atau satu cangkir beras, kemudian cuci bersih.
  2. Kemudian ambil mangkuk atau stoples, masukan beras dan isi dengan air sampai kira-kira di atas beras. Kemudian aduklah hingga merata.
  3. Diamkan selama kurang lebih 24 jam.
  4. Setelah 24 jam, saring lagi air bekas merendam beras lalu masukan ke botol spray agar mudah digunakan.
  5. Saat mandi, basahi rambut dan gunakan sampo seperti biasa. Setelah dibilas, ambil spray berisi rendaman beras tadi kemudian semprotkan secara merata pada rambut.
  6. Pijat-pijat kulit kepala, kemudian diamkan selama 20 menit
  7. Setelah itu bilas dengan air bersih.
Baca juga :  Ternyata Ini 5 Rahasia Menaikkan Berat Badan yang Cepat Namun Sehat

Kita mungkin tidak akan mengalami risiko jangka panjang dari cara alami ini, tetapi air beras dapat menyebabkan residu yang menumpuk dan membuat rambut terlihat kusam. Jika kamu ingin menghindari potensi penumpukan residu, Dr. Mariwalla menyarankan hanya melakukan perawatan ini seminggu sekali. Nah selamat mencoba para pembaca Telenews yang budiman! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...