Home Nasional Politik NASDEM-PKS Berkoalisi Untuk Pemilu 2024 ?

NASDEM-PKS Berkoalisi Untuk Pemilu 2024 ?

TELENEWS.ID – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) semakin dekat untuk berkoalisi setelah pertemuan yang diadakan pada Rabu (22/06/2022), di kantor DPP Partai Nasdem, Nasdem Tower, Jakarta Pusat. Namun kata koalisi belum muncul dari kedua partai, hasil pertemuan kedua partai tersebut baru memunculkan tiga poin kesepakatan dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang. Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G.Plate membacakan tiga poin kesepakatan oleh kedua partai tersebut.

Poin pertama adalah membangun kesadaran pada masyarakat untuk selalu mengungkapkan harkat martabat sebagai warga negara dalam nilai Pancasila, yang selalu diutamakan daripada apapun dan kepentingan siapapun. Poin kedua adalah menjadikan pemilihan umum atau pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang sebagai salah satu pesta demokrasi dengan semangat toleransi dan persatuan bangsa. Poin ketiga adalah mensepakati persiapan kerja sama yang akan dilaksanakan kedua partai dalam menghadapi pemilihan presiden atau pilpres pada 2024 mendatang.

Surya Paloh berharap dengan terwujudnya koalisi ini, partai Nasdem dan PKS dapat mewujudkan keinginan masyarakat Indonesia ke depan untuk menjadi lebih baik. Hal ini juga diharapkan untuk membentuk hubungan jangka panjang kedua partai dimulai dari kosolidasi menyambut pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada 24 Juni 2022 mendatang.

Presiden PKS, Akhmad Syaikhu menjelaskan bahwa kesepakatan yang resmi dijalin kedua partai adalah karena semakin jelasnya kesamaan dalam paham dan pemikiran. Untuk itu tidak mengherankan bahwa kedua partai akhirnya sepakat untuk menjalin kerja sama terutama dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang.

Kesepakatan yang dibentuk partai Nasdem dan PKS ini sejalan dengan deklarasi bakal calon presiden (bacapres) yang akan diusung oleh Nasdem beberapa waktu lalu. Nama Anies Baswedan semakin meyakinkan untuk menjadi satu-satunya bacapres yang akan maju dalam pilpres 2024 mendatang dari Nasdem setelah adanya PKS saat ini. Diketahui bahwa PKS juga sangat mendukung Anies Baswedan mulai dari Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta seperti saat ini.

Baca juga :  Hariman Siregar Sebut Negara Bukan Penentu Utama Dalam Melawan Covid-19

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS), Agung Baskoro menjelaskan kesepakatan yang dijalin oleh PKS dan Nasdem serta pengangkatan Anies Baswedan sebagai bacapres dari Nasdem semakin mengindikasikan terbentuknya poros baru yang akan muncul pada pemilu 2024 mendatang. Selain itu pekerjaan rumah pertama dari kedua partai ini jika resmi berkoalisi adalah memiliki calon yang akan maju dalam pilpres sudah terpenuhi. Sisanya adalah mengajak satu partai lagi untuk memenuhi syarat presidential thershold 20% untuk mencalonkan capres mereka. Partai Demokrat merupakan partai yang santer diberitakan untuk ikut merapat bersama Nasdem. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...