Home Internasional Negara Mana Saja yang Sudah Menganggap Covid-19 Adalah Endemik?

Negara Mana Saja yang Sudah Menganggap Covid-19 Adalah Endemik?

TELENEWS.ID – Pandemi Covid-19 sudah memasuki tahun ketiga dan mengakibatkan hampir seluruh negara di dunia mengalami kesulitan ekonomi hingga memakan jutaan korban jiwa. Namun perlahan setiap negara memiliki cara masing-masing dalam menghadapi pandemi dan keluar dari krisis.

Vaksin dengan cepat dibuat dan didistribusikan serta diberikan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan efek domino perbaikan segala aspek setiap negara.

Aktivitas kembali normal, ekonomi kembali berjalan, dan bidang lain juga ikut bergerak normal. Sedangkan dengan munculnya varian baru dari Covid-19, vaksin juga mampu meminimalisir dampak dari penderita.

Beberapa negara sudah memutuskan untuk kembali hidup normal dan berdampingan dengan Covid-19 dengan menjadikannya endemik. Hal ini dikarenakan Covid-19 yang terus berkepanjangan akan menyebabkan kelumpuhan ekonomi dan keberlangsungan sebuah negara jika masyarakatnya terus dikekang.

Satu satunya cara adalah dengan vaksin, menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga diri masing-masing dengan makanan bergizi serta vitamin.

Berikut ini ada beberapa negara yang bahkan sudah membuka akses untuk masyarakat beraktivitas dengan bebas bahkan tanpa masker. Dilansir dari website MasksAll, ada 43 negara yang sudah membebaskan masyarakatnya dari ketergantungan masker.

Negara di Asia Pasifik yang sudah tidak mewajibkan masyarakatnya menggunakan masker antara lain Jepang, India, Korea Selatan, Taiwan, dan Hongkong.

Sedangkan negara yang termasuk ke dalam kategori Nordik yang telah membebaskan masyarakatnya dari ketergantungan masker antara lain Norwegia, Finlandia, Selandia Baru, Liechtenstein, Saint Vincent and the Grenadines, Palau, Vanuatu, Seychelles, Bhutan, Burundi, Malawi, Togo, Suriname, Albania, Eswatini, Estonia, Laos, Islandia, dan Libya.

Negara yang termasuk ke dalam kategori umum yang sudah membebaskan masyarakatnya dari ketergantungan masker antara lain Swedia, Greenland, Belarus, Suriah, Palestina, Eritrea, San Marino, Tuvalu, Nauru, Kiribati, Kepulauan Marshall, Tonga, Micronesia, Samoa, Komoro, Kepulauan Solomon, Somalia, Fiji, Yaman, Turkmenistan, dan Sudan. (Angela Limawan)

Baca juga :  Merasa Mengantuk dan Sakit Perut Setelah Makan? Hati-hati, Mungkin Anda Mengalami Food Coma
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...