Home Travel Ngeri! Inilah 5 Misteri Nusakambangan yang Jarang Diketahui

Ngeri! Inilah 5 Misteri Nusakambangan yang Jarang Diketahui

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Terdapat banyak tempat menarik di berbagai wilayah Indonesia yang seolah selalu menarik untuk dikulik. Salah satunya adalah Nusakambangan, yakni tempat para tahanan yang selalu menimbulkan rasa penasaran akan misteri di dalamnya. 

Sebagian besar orang Indonesia tentu tak asing dengan nama Nusakambangan, yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah. Meskipun begitu, tempat yang dikenal menyeramkan bagi para narapidana ini ternyata menyimpan misteri yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Penjara yang rumornya paling ketat di Indonesia ini merupakan rumah tahanan yang terletak di pulau terpencil yang dihuni banyak hewan buas serta lingkungan yang cukup ekstrem. Hal ini pun membuat masyarakat mengklaim bahwa pulau ini adalah tempat yang sangat mengerikan. 

Dihuni sejumlah narapidana dari berbagai latar belakang jejak kriminal, inilah 5 misteri di Nusakambangan yang jarang diKetahui publik.

1. Rumah Tahanan yang Super Ketat

Pulau Nusakambangan yang dibangun sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda ini memiliki tujuh penjara besar. Tiga di antaranya yakni Batu, Karanganyar, dan Pasir putih, yang disinyalir merupakan penjara yang dijaga super ketat oleh para aparat. Dalam setiap harinya, patroli dilakukan tanpa henti selama 24 jam. Penjaga di tempat ini pun selalu siap dengan senjata api, yang tentunya menambah kesan ngeri dari penjara ini.

2. Jalan Tunggal Panaluan

Jalan Panaluan ini kerap dijadikan tempat eksekusi tembak bagi narapidana yang dihukum mati. Yang lebih mengerikan, tempat ini juga berada di jalan yang berkelok tajam serta minim penerangan.

Desas-desus yang beredar, lantaran banyaknya nyawa yang hilang di tempat ini, jalan Panaluan menjadi salah satu spot rawan kecelakaan. Selain akibat kondisi alam yang tak bersahabat, kecelakaan juga kerap terjadi dikarenakan gangguan makhluk astral yang tiba-tiba muncul di jalan tunggal ini.

3. Bukit Nirbaya

Selain Jalan Panaluan, Bukit Nirbaya juga kerap dijadikan spot eksekusi di pulau ini. Bahkan Bukit Nirbaya ini merupakan tempat yang paling banyak menyaksikan matinya para napi. Akibat banyaknya nyawa yang melayang di tempat ini, konon beberapa warga sekitar berap mendengar suara misterius yang diasumsikan berasal dari para arwah yang tewas dieksekusi.

Tak hanya itu, bukit ini juga tak berpenghuni dan dilengkapi dengan keadaan yang gelap gulita lantaran ditutup oleh flora dan fauna liar yang tentunya menambah kesan horor pada tempat ini.

4. Pohon Kamboja di Pertigaan 

Berjarak sekitar tiga kilometer dari pos polisi, ada sebuah pertigaan yang terdapat pohon kamboja diatasnya. Pohon ini pun diyakini angker karena selalu gundul tak berdaun, serta tak berbunga.

Pohon Kamboja yang gundul ini pun dipercaya akibat banyaknya makhluk gaib yang tinggal dan menduduki pohon ini, sehingga berimbas pada daerah sekitar pohon yang terlihat selalu gersang.

5. Hantu Mbah Sukur

Sosok gaib legendaris yang dipercaya masyarakat kerap menampakkan wujudnya di pulau angker ini yaitu penampakan sosok kakek-kakek yang juga sering dijuluki sebagai Alcatraz Indonesia. Mbah Sukur sendiri dipercaya merupakan sosok hantu tanpa kepala yang kerap berjalan tak tentu arah dengan mengitari area penjara Nusakambangan.

Menurut rumornya, sosok Mbah Sukur dulunya merupakan seorang narapidana yang dieksekusi tembak kemudian dipenggal. Konon, Mbah Sukur kerap menampakkan wujudnya pada tanggal eksekusinya guna memperingati hari kematiannya sendiri. 

Itulah kelima misteri Nusakambangan yang belum banyak  diketahui. tentunya beberapa misteri yang cukup membuat bergidik tersebut melengkapi sepenggal rumor yang sejauh ini beredar akan kengerian tempat tersebut. (Hifziyah).

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...