Home Gaya hidup No 4 Padahal Bergizi Tinggi, Ini 6 Makanan dan Minuman yang Membuat...

No 4 Padahal Bergizi Tinggi, Ini 6 Makanan dan Minuman yang Membuat Jerawat Semakin Parah

TELENEWS.ID – Kita tahu bahwa jerawat bukan hanya berkaitan dengan hormon dan kebersihan kulit saja. Namun apa yang kita makan dan minum sehari-hari, juga punya peran besar terkait masalah kulit yang satu ini.

Jika selama ini kamu telah merawat kulit dengan sangat baik seperti mencucinya setidaknya dua kali sehari, berhati-hati untuk menghapus riasan sebelum tidur, dan melembabkan dengan benar namun jerawat masih muncul, maka sudah saatnya mengevaluasi pola makanmu.

Bahkan jika kamu sudah makan makanan yang sehat, mungkin ada beberapa makanan pemicu yang tidak diketahui yang menyebabkan jerawat yang meradang. Bagaimanapun kulit adalah organ terbesar, dan apa yang kita makan akan mencerminkan bagian luar tubuh seperti halnya bagian dalam.

Karena itulah kamu wajib mewaspadai beberapa makanan dan minuman yang bahkan mungkin diantaranya cukup sehat, namun ternyata bisa memicu timbulnya jerawat, seperti:

  1. Kamu sering minum soda
    Soda merupakan minuman ringan yang tinggi kandungan gulanya. Masalahnya gula adalah salah satu makanan yang memicu inflamasi atau peradangan, sehingga mengkonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan jerawat. Peradangan di tubuh dapat menyebabkan penambahan berat badan, dan mungkin menyebabkan sejumlah kondisi kronis. Gula juga dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Konsumsi minuman ringan seperti soda setiap hari, secara signifikan meningkatkan risiko jerawat sedang hingga berat pada remaja, terutama ketika asupan gula dari semua jenis minuman ringan melebihi 100 g per hari.
  2. Mayonnaise juga buruk untuk jerawat
    Bagi kamu penggemar mayonnaise, ada baiknya mengurangi kondimen ini jika ingin memiliki wajah yang bersih bebas jerawat. Peneliti menduga kandungan kedelai pada mayonnaise yang menjadi penyebabnya. Ini karena konsumsi kedelai berlebihan bisa mengganggu hormon. Kedelai mengandung isoflavon, yang dapat bertindak seperti estrogen dalam tubuh dan memicu jerawat. Mayonnaise mengandung sejumlah besar kedelai dan lemak jenuh, dua penyebab umum jerawat.
  3. Hindari juga mengkonsumsi roti putih terlalu sering
    Menurut Dr. Yorum Harth, dokter kulit dan spesialis fototerapi jerawat, roti putih dapat menyebabkan jerawat karena merupakan makanan dengan glikemik tinggi. Ini artinya roti putih menyebabkan kadar gula darah tubuh meningkat dengan cepat. Para peneliti telah menemukan bahwa makanan indeks glikemik tinggi seperti roti putih, kentang, dan makanan cepat saji yang manis; tampaknya memperburuk jerawat.
  4. Susu dan produk olahannya
    Sejak kecil kita diajarkan bahwa susu dan produk olahannya adalah makanan dan minuman yang menyehatkan untuk tubuh. Tentu saja fakta itu tidak salah sama sekali. Hanya saja jika kamu rentan mengalami jerawat, ada baiknya mengurangi konsumsi susu dan olahannya guys. Renée Rouleau, seorang ahli kecantikan selebriti mengatakan “Hipotesisnya adalah karena sebagian besar susu berasal dari sapi hamil dan beberapa sapi diberi hormon pertumbuhan. Hal ini membuat kadar hormon dalam susu mungkin berperan dalam produksi sebum berlebih, yang memicu timbulnya jerawat”.
  5. Makan daging terlalu banyak
    Makan daging dalam jumlah besar tak hanya bisa memicu masalah kesehatan seperti kolesterol dan darah tinggi. Namun daging tertentu, seperti daging sapi dan ayam, mengandung asam amino yang disebut leusin. Leusin mengaktifkan reaksi berantai yang merangsang kelenjar minyak kulit dan membuat jerawat lebih mungkin terjadi.
  6. Makanan bercita rasa pedas
    Kalau kamu sering mengalami masalah kulit seperti jerawat, mungkin saja kegemaranmu mengkonsumsi makanan pedas jadi penyebabnya. Ini karena makanan pedas sering mengandung likopen asam yang dapat mengiritasi kulit, mengganggu keseimbangan tingkat pH, dan memicu jerawat. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Holywings Promo Miras, Kenali 4 Efek Mengerikan Alkohol untuk Jantung Berikut Ini!
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...