Home Gaya hidup Ini 5 Faktor Risiko Penyebab Kanker Prostat

Ini 5 Faktor Risiko Penyebab Kanker Prostat

Telenews.id- Kabar kurang mengenakan datang dari mantan presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Mantan presiden ke-enam RI ini kabarnya akan segera menjalani perawatan kesehatan di luar negeri, lantaran penyakit kanker prostat yang ia derita.

“Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat,” ungkap Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan.

Ossy juga menjelaskan bahwa kanker prostat yang diderita SBY sendiri masih termasuk dalam stadium awal. “Kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY,”ujarnya.

Seperti jenis kanker lain pada umumnya, kanker prostat dimulai ketika sel-sel di kelenjar prostat mulai tumbuh di luar kendali. Kanker jenis ini memang hanya terjadi pada kaum pria, lantaran prostat adalah kelenjar pada alat kelamin pria yang menghasilkan cairan semen atau air mani. Setiap pria berisiko mengalami kanker prostat, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang pria memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena kanker prostat seperti:

  1. Faktor usia
    Pria yang berusia diatas 40 tahunan memang lebih berisiko mengidap kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang berusia lebih muda. Namun resiko mengalami penyakit ini naik dengan pesat saat pria menginjak usia 50 tahunan. Meski begitu peneliti menemukan bahwa 6 dari 10 kasus kanker prostat, terjadi saat pria menginjak usia diatas 65 tahun.
  2. Faktor keturunan
    Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang bisa diderita oleh anggota keluarga. Seorang pria yang anggota keluarganya pernah punya riwayat penyakit kanker prostat, lebih berisiko untuk terkena penyakit yang sama. Memiliki ayah atau saudara laki-laki dengan kanker prostat, membuat seorang pria lebih dari dua kali lipat berisiko terkena penyakit ini. Risikonya akan lebih tinggi pada pria yang memiliki saudara laki-laki dengan kanker prostat, daripada mereka yang memiliki ayah dengan penyakit yang sama. Meski begitu, kanker prostat juga bisa dialami oleh mereka yang keluarganya tak memiliki penyakit ini.
  3. Faktor makanan yang dikonsumsi
    Makanan juga punya peran untuk meningkatkan risiko seorang pria untuk mengalami kanker prostat. Pria yang mengkonsumsi banyak produk olahan susu, memiliki peluang sedikit lebih tinggi terkena kanker prostat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi banyak kalsium baik melalui makanan atau suplemen, memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat juga. Meski begitu, peneliti menganjurkan agar pria tetap mengkonsumsi makanan dan minuman sumber kalsium dalam jumlah wajar, karena kalsium juga punya banyak manfaat bagi kesehatan.
  4. Faktor gaya hidup terutama merokok
    Merokok menjadi salah satu gaya hidup yang membuat pria lebih rentan mengalami kanker prostat. Perokok saat ini memiliki peningkatan risiko kanker prostat yang fatal. Pria yang menjadi perokok berat memiliki risiko kematian akibat kanker prostat mencapai 24% hingga 30% lebih besar, daripada mereka yang bukan perokok.
  5. Faktor berat badan
    Obesitas atau berat badan berlebihan juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan seorang pria lebih rentan terkena kanker prostat. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang obesitas memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat yang lebih agresif, kanker ini kambuh kembali meskipun telah menjalani operasi atau terapi radiasi, dan lebih berisiko meninggal karena kanker prostat.
Baca juga :  Good Things Happen : Menerima Kosmetik Kadaluwarsa
Baca juga :  Good Things Happen : Menerima Kosmetik Kadaluwarsa

Itulah beberapa faktor risiko yang menyebabkan seorang pria lebih rentan terkena kanker prostat seperti SBY. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...