Home Gaya hidup Nomor 5 Sering Makanan dan Minuman yang Membuat Rambut Jadi Mudah Rontok

Nomor 5 Sering Makanan dan Minuman yang Membuat Rambut Jadi Mudah Rontok

Telenews.id- Selama ini kita mungkin mengira bahwa rambut rontok disebabkan oleh perawatan yang kurang tepat. Memang benar bahwa salah memilih shampo dan pewarnaan, terkadang membuat rambut jadi rapuh dan mudah rontok.

Tapi tahukah kamu bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, juga bisa menyebabkan kerontokan rambut? Tanpa kita sadari rupanya ada kaitan kuat antara apa yang kita konsumsi dengan kekuatan rambut di kulit kepala.

Menurut Ryan Raman, MS, RD, rambut manusia itu tumbuh sekitar 05 inci atau 1.25 cm per bulan, hingga 6 inci atau 15 cm per tahunnya. Pertumbuhan rambut ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, genetik dan makanan yang dikonsumsi. Tentu saja kita tidak bisa mengontrol atau mengubah jika masalah rambut ini berkaitan dengan usia atau genetis.

Satu-satunya yang bisa kita ubah adalah pola makan, untuk bisa mendapatkan rambut yang sehat dan kuat. Faktanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang bernutrisi dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Para ahli kecantikan sendiri menyebut ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memperparah kerontokan rambut, seperti:

  1. Produk olahan susu
    Makanan dan minuman yang merupakan hasil olahan susu memang kaya akan kandungan protein yang dibutuhkan oleh tubuh dan rambut. Namun jika dikonsumsi terlalu sering apalagi secara berlebihan, maka bisa memicu kerontokan rambut yang cukup parah. Susu mengandung sejumlah lemak di dalamnya. Pada dasarnya lemak meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Ini adalah salah satu dari banyak penyebab rambut rontok yang telah dialami oleh sejumlah orang.
  2. Makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi
    Konsumsi makanan dan minuman dengan dengan kadar gula tinggi secara berlebihan juga bisa menjadikan rambut mudah rontok. Gula memicu terjadinya sirkulasi darah yang buruk pada tubuh. Jika ini terjadi, sulit bagi darah untuk mencapai sampai ke folikel rambut sehingga menyebabkan akar rambut menjadi lemah, dan rambut jadi mudah rontok.
  3. Alkohol
    Rambut rontok juga erat kaitannya dengan kebiasaan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Ini karena pada dasarnya, alkohol membuat rambut menjadi dehidrasi. Selain itu alkohol juga punya mempengaruhi keseimbangan protein pada rambut. Rambut sendiri terbuat dari protein yang disebut sebagai keratin. Keratin adalah protein yang memberi struktur pada rambut. Alkohol berdampak negatif pada sintesis protein, dan dapat menyebabkan rambut menjadi lebih lemah dan tidak berkilau. Selain itu, konsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat ketidakseimbangan nutrisi dan dapat menyebabkan kematian folikel pada rambut.
  4. Soda
    Soda sama buruknya dengan alkohol. Soda mengandung pemanis buatan yang disebut aspartam, yang menurut para peneliti dapat merusak folikel pada rambut. Selain itu aspartam juga mempengaruhi kadar gula darah. Tingginya kadar gula darah menyebabkan peredaran menjadi terganggu, sehingga tak bisa maksimal sampai ke kulit kepala. Sebagai akibatnya, akar rambut menjadi rapuh dan kerontokan pun tak bisa untuk dihindari.
  5. Gorengan
    Murah, mudah didapat dan rasanya yang lezat, membuat gorengan jadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Akan tetapi kebiasaan mengkonsumsi gorengan atau makanan dengan kadar lemak tinggi, akan berakibat pada kerontokan rambut yang cukup parah juga. Ini karena konsentrasi lemak yang tinggi pada tubuh juga mempengaruhi sebum di kulit kepala. Pada kondisi normal, sebum adalah pelembap alami pada rambut. Namun kelebihan sebum akibat makan gorengan dan yang berlemak tinggi lainnya, menutupi folikel rambut sehingga rambut jadi sulit untuk tumbuh dan malah kemudian menjadi rontok.
  6. Ikan laut
    Tak bisa dipungkiri bahwa ikan laut merupakan salah satu sumber protein sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun hati-hati, konsumsi ikan laut terutama dari perairan yang tercemar bisa menyebabkan tubuh mengalami keracunan merkuri. Tingkat merkuri yang tinggi dapat menyebabkan kerontokan rambut secara tiba-tiba. Sumber paparan merkuri yang paling umum adalah ikan, karena konsentrasi metil-merkuri dalam ikan telah meningkat selama beberapa dekade terakhir karena perubahan iklim dan penangkapan ikan yang berlebihan.
Baca juga :  Tes GeNose C19 Jadi Salah Satu Syarat Perjalanan Kereta Api
Baca juga :  9 Manfaat Manis Dari Secangkir Kopi Pahit

Itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, karena akan berakibat pada kerontokan rambut yang parah. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...