Home Metropolitan Ondel-Ondel, Ikon Sakral Betawi yang Disalahgunakan

Ondel-Ondel, Ikon Sakral Betawi yang Disalahgunakan

TELENEWS.ID – Kesenian adalah salah satu warisan nenek moyang yang harus kita jaga dan lestarikan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang menyalah artikan kesenian tersebut. Yang saat ini ramai diperbincangkan adalah mengenai Ondel-Ondel yang merupakan salah satu kesenian Betawi.

Beberapa tahun ke belakang, mungkin kita hanya bisa melihat ondel-ondel ini ketika Hari Ulang Tahun Jakarta pada bulan Juni.

Akan tetapi, saat ini ondel-ondel tidak hanya hadir ketika ada HUT DKI Jakarta saja, namun hampir setiap hari. Namun, ada salah satu pemandangan miris yang bisa kita lihat dari adanya ondel-ondel ini.

Ondel-ondel yang ada saat ini dimanfaatkan oknum untuk ladang mencari uang, atau ‘mengamen’. Biasanya mereka hadir dengan pengeras suara yang ditempatkan di atas gerobak dengan suara musik khas Betawi yang bisa didengar hingga radius 200 meter.

Satu orang berperan sebagai ondel-ondel, satu orang sebagai pengumpul uang yang diberikan dan satu lagi berada di balik sosok ondel-ondel ini.

Terkadang, kita melihat ada anak di bawah umur yang mengamen menggunakan ondel-ondel sehingga menambah rasa prihatin. Kondisi seperti ini banyak ditemui di Jakarta, hingga wilayah di pinggiran Jakarta.

Sebagai daerah asli dari ondel-ondel ini, Pemprov DKI tentu saja tidak tinggal diam dengan fenomena ondel-ondel yang mengamen di pinggir jalan ini. Melalui Wakil Gubernur, Ahmad Riza Patria, dirinya berkomentar mengenai maraknya ondel-ondel yang dijadikan alat untuk mengamen ini.

“Kita menghargai budaya lestari bangsa kit. Betawi dihormati, ditempatkan yang terbaik lah. Tidak juga dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan sempit. Kemudian kedua jangan sampai nanti menimbulkan gangguan ketertiban dan sebagainya,” kata Riza pada Kamis (25/3/2021).

Satpol PP DKI Jakarta beberapa waktu yang lalu sudah menertibkan pengamen yang menggunakan ondel-ondel ini di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga :  DPRD DKI Jakarta Alihkan Anggaran Kegiatan Untuk Penanganan Covid-19

Mengenai hal ini sudah ada Perda yang mengatur pelestarian Budaya Betawi termasuk ondel-ondel ini. Ondel-ondel yang dilihat sehari-hari tidak bisa dinikmati sebagai sebuah kesenian, karena ada segelintir orang yang terkesan mengemis dengan menggunakan ondel-ondel ini. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...