Home Gaya hidup Orangtua Harus Baca, 6 Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah untuk Pertama Kali

Orangtua Harus Baca, 6 Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah untuk Pertama Kali

TELENEWS.ID – Tahun ajaran baru telah dimulai. Inilah waktu di mana sebagian anak-anak akan masuk sekolah untuk pertama kalinya untuk jenjang pendidikan TK, SD, SMP atau SMA.

Bagi orangtua, ini adalah saat yang menegangkan terutama jika anak-anak mereka baru akan masuk TK, playgroup atau SD. Ini karena untuk pertama kalinya buah hati mereka akan masuk sekolah dan mengikuti pelajaran formal di sekolah.

Tak hanya itu, terkadang anak-anak sendiri butuh waktu yang lama untuk menyesuaikan diri untuk masuk sekolah pertama kalinya. Baik anak baru memulai taman kanak-kanak atau memulai kelas baru, ada banyak yang harus dilakukan untuk mempersiapkan mereka termasuk memeriksa ketakutan, kecemasan, dan kekhawatiran anak-anak saat kembali ke sekolah.

Joseph McGuire, asisten profesor psikiatri dan ilmu perilaku di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins mengatakan bahwa anak dan orangtua akan menghadapi tantangan dan rutinitas baru, di tahun ajaran baru seperti sekarang ini.

Selain itu anak-anak sendiri memiliki persepsi berbeda saat masuk sekolah kembali. Ada yang merasa senang karena akan bertemu dengan teman-teman baru, namun ada juga yang merasa cemas dan bahkan tertekan karena mungkin sebelumnya pernah mengalami hal buruk di sekolah.

“Kuncinya adalah membicarakan aspek-aspek menarik seperti bertemu teman dan kembali bersekolah secara normal, tetapi juga mempersiapkan tantangan yang menyertainya” saran McGuire.

Lalu bagaimana cara orangtua untuk mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah pertama kalinya?

  1. Mulai dengan menyesuaikan jadwal tidur anak
    Selama liburan, anak-anak mungkin terbiasa tidur larut malam. Jika sudah mulai masuk sekolah seperti sekarang ini, ada baiknya orangtua mulai untuk mengatur ulang jadwal tidur buah hati mereka. Anak yang cukup istirahat adalah anak yang bahagia. Selain itu, waktu bangun yang lebih awal akan memberikan waktu yang cukup bagi anak untuk makan sarapan yang sehat dan menjalani rutinitas pagi dengan caranya sendiri.
  2. Berlatih memulai kebiasaan baru
    Untuk anak-anak yang baru masuk TK atau PAUD atau bahkan SD, kebiasaan baru di pagi hari dimana mereka harus bangun lebih awal sebelum berangkat sekolah terkadang membingungkan dan membuat mereka rewel. Karena itulah orangtua bisa membantu untuk secara perlahan memulai kebiasaan pagi secara bertahap. Misalnya mulai dari bangun lebih awal, kemudian mandi dan sarapan. Rutinitas pagi memungkinkan anak-anak untuk belajar bagaimana mengurus tanggung jawab mereka sendiri, tanpa merasa orangtuanya memerintah mereka.
  3. Ketahui mengenai kondisi sekolah
    Orangtua wajib untuk mengetahui kondisi sekolah anak mereka. Kapankah jam masuknya, jam pulang, apakah ada kantin di sekolah dan bagaimana sekolah akan mengurus anak jika orangtua mereka terlambat menjemput. Ini penting sebab harus ada kerjasama antara orangtua dan sekolah, untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif untuk anak.
  4. Bicara dengan anak
    Tak ada salahnya sebelum memulai sekolah, orangtua bertukar pikiran dan berbicara dengan anak mengenai perasaan mereka. Tanyakan pada anak apakah mereka sudah siap sekolah, mengenai teman baru mereka, mengenai pelajaran dan sebagainya. Saat mendiskusikan tentang proses kembali ke sekolah, orangtua dapat mengukur pemikiran anak tentang sekolah mereka. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka nantikan dan apa yang mereka minati untuk dipelajari, bersama dengan kekhawatiran apa pun yang mungkin mereka miliki.
  5. Latih kemandirian anak
    Bagi anak-anak yang baru masuk SD atau TK, inilah saatnya bagi orangtua untuk melatih kemandirian buah hati mereka. Adalah penting bahwa anak-anak dapat bertransisi dari ketergantungan pada orang dewasa, menjadi individu yang positif dan percaya diri. Guru dan staf di sekolah akan mendukung anak untuk menjadi mandiri dalam mengakses pembelajaran mereka, tetapi ada banyak cara orangtua dapat mendukung anak dengan kemandirian mereka sebelum mereka mulai sekolah.
  6. Pastikan anak dalam kondisi sehat dan prima
    Tahun ajaran baru kali ini masih di bayangi dengan pandemi yang belum juga usai. Karena itulah sebelum kembali ke sekolah, pastikan anak dalam kondisi sehat dan prima. Bekali anak dengan makan siang dan camilan yang sehat, masker, hand sanitizer dan botol minum sendiri. Jika anak memiliki penyakit bawaan yang bisa kambuh, ada baiknya orangtua berbicara dengan guru atau wali kelas mengenai kondisi kesehatan buah hati mereka. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  9 Manfaat Manis Dari Secangkir Kopi Pahit
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...