Home Gaya hidup Orangtua Wajib Tahu, Ternyata Ada 5 Manfaat Membiarkan Anak Bermain Hujan-hujanan

Orangtua Wajib Tahu, Ternyata Ada 5 Manfaat Membiarkan Anak Bermain Hujan-hujanan

Telenews.id- “Jangan main hujan-hujanan, nanti sakit” mungkin saat kecil, kita sering mendengarkan nasehat itu dari kedua orangtua kita. Banyak orangtua yang beranggapan bahwa hujan-hujanan bisa berakibat buruk pada kondisi kesehatan buah hati mereka.

Kebanyakan orangtua percaya bahwa bermain di bawah hujan adalah cara yang mudah dan cepat untuk masuk angin. Namun, dengan pola makan sehat dan olahraga rutin, sistem kekebalan anak sebenarnya cukup kuat untuk melindungi mereka dari segala cuaca buruk.

Dr. Mahesa Paranadipa dari Ikatan Dokter Indonesia atau IDI mengatakan bahwa sejatinya anak-anak tak masalah jika bermain hujan-hujanan, asalkan kondisi tubuh mereka sehat dan prima. “Bermain di bawah hujan itu bagus, anak-anak akan lebih terbiasa dengan kondisi alami di sekitar mereka, dan tubuh mereka kemudian akan merespons dan beradaptasi,” kata Mahesa. “Ini akan meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Tapi jangan berlebihan karena cuaca dingin bisa berdampak negatif pada tubuh anak” ujarnya menambahkan.

Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Mahesa, rupanya ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh anak-anak yang diberikan waktu oleh orangtua mereka untuk bermain hujan-hujanan. Apa sajakah itu?

  1. Membuat anak-anak menjadi aktif
    Salah satu manfaat bermain hujan-hujanan adalah anak-anak akan menjadi aktif dan lincah bergerak. Mereka akan berlari dan meloncat kegirangan saat bermain hujan di luar ruangan. Bermain di alam terbuka dan luar ruangan sendiri memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Salah satunya membuat tubuh mereka lebih aktif membakar lemak dan mengurangi resiko obesitas. Apalagi jika anak-anak selama ini hanya sering bermain gadget, maka bermain hujan-hujanan bisa jadi alternatif terbaik aktivitas fisik yang menyenangkan untuk mereka.
  2. Mengasah kemampuan motorik anak
    Bermain di luar ruangan sering melibatkan penggunaan keterampilan motorik kasar seperti berlari, melompat, dan memanjat. Ini menghasilkan kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi yang lebih baik. Anak-anak juga umumnya jadi lebih jarang sakit. Bergerak di permukaan basah membutuhkan lebih banyak konsentrasi, kekuatan, dan kelincahan. Saat anak-anak bermain di tengah hujan, mereka akan mengandalkan tubuh mereka dan dapat tumbuh lebih percaya diri melalui gerakan mereka.
  3. Membantu meningkatkan perkembangan sensorik anak
    Bermain di bawah hujan memberikan pengalaman sensorik yang fantastis untuk anak-anak. Dengan suara, pemandangan, bau, dan sentuhan yang berbeda; hujan benar-benar dapat meningkatkan pengalaman sensorik yang baru sekaligus menyenangkan untuk anak-anak. Sama seperti orang dewasa saat anak-anak mendengarkan derai hujan yang jatuh ke tanah, bisa membuat mereka merasa lebih rileks dan tenang. Sementara aroma hujan bisa membuat mereka merasa segar dan berenergi.
  4. Membuat anak jadi lebih mandiri
    Orangtua hanya perlu mengawasi dan membiarkan buah hati mereka bermain hujan di luar ruangan. Dengan membiarkan si kecil bermain sendiri di bawah hujan, secara tak langsung mengajarkan kemandirian pada buah hati. Berada di tengah hujan juga mengajarkan mereka sedikit tanggung jawab individu. Mereka akan belajar memindahkan barang-barang yang mungkin rusak karena hujan di suatu tempat yang kering, dan menyadari pentingnya menjemur pakaian basah hingga kering.
  5. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi
    Saat bermain hujan-hujanan, anak-anak akan tenggelam dalam dunia mereka sendiri yang penuh imajinasi. Mereka mungkin akan membayangkan diri mereka sebagai tokoh kartun favorit mereka saat melompat di genangan air. Perlu orangtua ketahui anak-anak yang biasa bermain di luar dan memiliki imajinasi yang luas, membuat mereka lebih mudah bergaul dan dekat dengan teman-teman sebayanya.
Baca juga :  Bahaya Radiasi 5G untuk Kesehatan
Baca juga :  Pasangan Sering Main HP dan Mengabaikanmu? Awas, Mungkin Dia Terkena Phubbing

Itulah beberapa manfaat bermain hujan-hujanan untuk anak. Namun tentu saja orangtua perlu mengawasi buah hati mereka saat bermain hujan-hujanan, dan memastikan kesehatan serta keamanan mereka. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...