Home Gaya hidup Pakai Bahan Alami, Begini Cara Untuk Merawat Kulit Sensitif dan Berminyak

Pakai Bahan Alami, Begini Cara Untuk Merawat Kulit Sensitif dan Berminyak

TELENEWS.ID-Kulit sensitif dan berminyak merupakan masalah kaum Hawa yang terkadang membuat mereka frustasi. Bayangkan kulit sensitif saja sudah butuh perawatan ekstra, apalagi ditambah dengan kondisi kulit yang juga berminyak.

Merawat kulit sensitif apalagi berminyak tidak bisa sembarangan. Kamu harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, jenis kosmetik yang kamu pakai, mengatur gaya hidup sehat dan memastikan kulit mendapat nutrisi yang dibutuhkannya untuk tetap glowing dan bebas jerawat.

Dikutip dari medicalnewstoday, ada beberapa penyebab mengapa kita memiliki kulit wajah yang berminyak dan juga sensitif . Salah satunya produksi sebum yang berlebihan. Sejatinya, sebum ini adalah minyak yang berfungsi untuk menjaga kelembaban alami kulit.

Namun lantaran berbagai faktor, seseorang memprosuksi sebum yang berlebihan sehingga membuat wajah menjadi mengkilap dan juga berminyak. Kulit yang berminyak bisa menyumbat pori-pori sehingga memicu timbulnya jerawat. Jika sudah begini maka akan semakin sulit untuk menjaga kesehatan kulit sensitif dan juga berminyak.

Dewasa ini, banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan manfaat untuk mengurangi munculnya minyak wajah. Namun selain skin care yang berfungsi untuk merawat kulit berminyak, ada lagi tips alami yang bisa dipraktekan untuk merawat kulit berminyak dan sensitif.

  1. Gunakan madu
    Madu merupakan salah satu bahan makanan yang tak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, namun bisa merawat kecantikan kulit juga. Salah satunya kamu bisa menggunakan madu yang memiliki manfaat anti bakteri dan anti septic untuk menjaga kulit sensitif dan berminyak.

Gunakan madu sebagai masker alami, dan diamkan hingga mengering atau kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk membuat kulit wajah tidak terlalu berminyak dan mengkilap.

  1. Pakai oatmeal juga bisa loh
    Oatmeal menjadi salah satu bahan makanan yang tak hanya membantu untuk menjaga berat badan seimbang. Ternyata oatmeal juga bisa merawat kulit sensitif dan berminyak. Oatmeal akan menyerap minyak yang berlebihan di wajah dan sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati.
Baca juga :  Cucurak, Tradisi Masyarakat Bogor Jelang Ramadhan

Campurkan dua sendok oatmeal dengan air hangat, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan sedikit madu lalu oleskan di wajah sebagai masker. Pijat-pijat ringan wajah, dan diamkan selama tiga menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Gunakan kombinasi putih telur dan lemon
    Kombinasi antara putih telur dan lemon juga punya khasiat untuk merawat kulit sensitif dan berminyak. Kedua bahan ini punya khasiat untuk merapatkan pori-pori wajah. Selain itu asam pada lemon membantu untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Untuk merawat kulit sensitif berminyak, campurkan satu buah putih telur dengan satu sendok perasan lemon segar. Aduk hingga rata lalu oleskan di wajah sebagai masker, tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Kamu juga bisa menggunakan kacang almon
    Selain rasanya lezat dan kaya manfaat, kacang almon punya khasiat untuk mengangkat sel kulit mati dan menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Caranya, sampurkan tiga sendok kacang almon yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok makan madu. Oleskan di wajah sebagai masker sembari dipijat dengan lembut. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan.

  1. Menggunakan tomat
    Tomat memiliki khasiat yang bisa membantu untuk merawat kulit sensitif dan berminyak. Tomat memiliki kandungan asam salisilat, bahan alami untuk mengatasi jerawat. Selain itu, tomat akan membantu menyerap kelebihan minyak yang menyumbat pori-pori wajah.
Baca juga :  Tertarik Filler Payudara? Kenali Sederet Bahayanya

Untuk itu campurkan 1 sendok teh gula dengan 1 buah tomat yang sudah dihaluskan. Oleskan di kulit sambil dipijat dengan gerakan memutar. Diamkan masker selama lima menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Merawat kulit berminyak memang gampang-gampang susah. Jangan lupa sebelum menggunakan bahan alami diatas, ada baiknya kamu konsultasikan dulu pada dokter kulitmu ya. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....