Home Metropolitan PAM Jaya Targetkan 100% Air Keran Siap Minum Tahun 2030

PAM Jaya Targetkan 100% Air Keran Siap Minum Tahun 2030

TELENEWS.ID, JAKARTA – Perusahaan penyedia air keran siap minum milik Jakarta, PAM Jaya, kini terus berupaya memenuhi cakupan air keran wilayah DKI dari 65% menjadi 100%. Sehingga, seluruh pelosok kota DKI Jakarta dapat memenuhi kebutuhan airnya sendiri pada tahun 2030.

“Kami saat ini memiliki pipa air sepanjang 11.900 kilometer dan total kapasitas produksi mencapai 20.727 liter per detik (lps) untuk menjangkau 888.342 pelanggan per Oktober,” ujar Direktur Utama PAM Jaya Bambang Hernowo dalam diskusi publik virtual, Rabu, (27/12/2020).

“Artinya, cakupan air keran kami baru mencapai 65 persen rumah tangga,” tambahnya.

PAM Jaya memiliki lima strategi untuk meningkatkan cakupan air keran, mulai dari membangun lebih banyak instalasi pengolahan air (IPA) hingga mencari sumber pendanaan alternatif, jelas Bambang.

Perusahaan air minum tersebut saat ini sedang mengembangkan sistem IPA dan air minum untuk meningkatkan pasokan air bakunya, terutama dari dalam kota.

Hal ini karena Jakarta sejak lama mengandalkan Waduk Jatiluhur di Jawa Barat untuk 82% pasokan air bakunya. Padahal, bendungan tersebut menampung air dari Sungai Citarum, salah satu sungai terkotor di dunia.

12 persen lainnya dipasok oleh PDAM Tirta Kerta Raharja di Kabupaten Tangerang yang yang airnya berasal dari sungai Pesanggrahan dan Krukut. Sayangnya, kedua sungai tersebut hanya dapat memasok 6%dari kebutuhan air.

PAM Jaya juga tengah berencana membangun sistem penyediaan air minum (SPAM) komunal untuk menambah pasokan air baku dan air curah yang bersumber dari Jakarta. Ada lima SPAM, yakni Hutan Kota, Pesanggrahan, Ciliwung, Mookevart, dan Jatiluhur.

Kapasitas sistem air minum di Ciliwung adalah 200 lps, sedangkan di Pesanggrahan berkapasitas 750 lps.

Baca juga :  Cegah Covid-19,Kecamatan Kebon Jeruk Semprotkan Disinfekta di Tiga Lokasi Pemukiman Warga

Proyek-proyek ini, serta sistem air minum yang baru selesai dibangun di Hutan Kota di Jakarta Utara dengan kapasitas 500 lps, diharapkan dapat memberikan tambahan pasokan air bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta.

“Kami baru saja menyelesaikan sistem air di Hutan Kota dan berencana untuk meningkatkan fasilitas air di Buaran dari kapasitas produksi 1.000 lps menjadi 4.000 lps,” jelas Bambang.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut juga masih menunggu penyelesaian dua proyek pemerintah pusat, yakni sistem air minum Jatiluhur di Jawa Barat, pasokan air ledeng hingga 4.000 liter, dan proyek di Karian, Banten, yang bisa memproduksi 3.200 liter.

Sementara itu, PAM Jaya juga akan terus mengurangi kehilangan air, yang dikenal sebagai non-revenue water, dengan cara mengganti pipa dan meteran air tua serta mencegah sambungan ilegal.

Baca juga :  Pemprov DKI bersama Forkopimda Akan Evaluasi Tiga Hari Pertama Pelaksanaan PSBB

Namun, PAM Jaya tengah dihadapi dengan permasalahan dana. Pasalnya, Pemprov DKI Jakarta telah mengurangi suntikan modalnya untuk PAM Jaya akibat krisis COVID-19. Sehingga, mau tidak mau perusahaan harus mencari sumber pendapatan alternatif.

“Kami membutuhkan dana besar untuk memperluas layanan kami. Kami membutuhkan sekitar Rp. 27-28 triliun untuk mencapai 100 persen cakupan air keran,” tutur Bambang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...