Home Metropolitan Pantaskah Anies Baswedan Sejajar Dengan Elon Musk Masuk Daftar 21 Heroes 2021?

Pantaskah Anies Baswedan Sejajar Dengan Elon Musk Masuk Daftar 21 Heroes 2021?

TELENEWS.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk ke dalam jajaran 21 Heroes 2021 pilihan lembaga Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Adapun jajaran 21 Heroes 2021 diisi oleh sejumlah nama-nama tokoh dunia, salah satunya adalah Elon Musk yang merupakan pendiri beberapa perusahaan teknologi populer, di antaranya adalah Tesla dan SpaceX.

Anies Baswedan sendiri masuk ke dalam jajaran 21 Heroes 2021 TUMI berkat keberhasilannya dalam memperbaiki sistem transportasi di kota Jakarta selama masa pandemi Covid-19.

Menurut penilaian TUMI, sejumlah pencapaian Anies adalah karena membangun jalur sepeda sepanjang 63 kilometer dan menciptakan integrasi antarmoda.

Sementara itu, Ketua Tim Advokasi komunitas pekerja bersepeda Bike to Work Indonesia yang bernama Fahmi Saimima, justru tidak setuju terhadap klaim 63 kilometer jalur sepeda di Ibu Kota yang dibangun Anies tersebut.

Menurutnya, jalur sepeda tersebut tidak sesuai dengan prosedur di DKI Jakarta. Sebab, sebagian besar jalur sepeda di sejumlah ruas jalan itu hanyalah jalan biasa yang dicat hijau untuk lajur sepeda.

Apalagi, pembuatan jalur sepeda ini menjadi pos untuk anggaran sebesar Rp73 miliar, dana yang tidak sedikit untuk sekedar mengecat jalanan dengan cat hijau.

Dana ini mengacu pada Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

Fahmi juga menambahkan, jalur sepeda yang memenuhi syarat infrastruktur seharusnya terpisah dengan jalur kendaraan lain guna memastikan keamanan pesepeda.

Jika ingin mengacu ke jalur sepeda perkotaan yang benar-benar didedikasikan untuk pesepeda, mungkin kita bisa melirik jalur sepeda layang yang berada di China. Xiamen Bicycle Sky Track adalah jalur sepeda layang yang dibangun pemerintah kota Xiamen, Fujian, China dan sudah beroperasi sejak tahun 2017.

Karena layang, jalur sepeda tersebut jelas memberikan eksklusivitas untuk para pesepeda kaum urban di tengah lautan kendaraan bermesin metropolitan. Sehingga, para pesepeda pun dapat dengan tenang dan santai mengayuh, serta tidak harus bergelut dengan kendaraan lain yang sering kali menyerobot jalur sepeda.

Baca juga :  Hati-Hati STNK Anda Mati, Polisi Bisa Sita Kendaraan!

Daripada itu, selain jalur sepeda sepanjang 63 kilometer, TUMI juga menyebutkan, yang dinilai keberhasilan Anies lainnya dalam memperbaiki sistem transportasi Jakarta adalah renovasi stasiun KRL dan MRT guna diintegrasikan dengan moda transportasi lain.

Diketahui, sejumlah tokoh dunia yang masuk dalam 21 Heroes 2021 itu dianggap karena keberhasilannya dalam mentransformasi sistem transportasi meskipun dunia dilanda pandemi Covid-19.

Berikut ini daftar nama tokoh jajaran 21 Heroes 2021 pilihan lembaga Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

  1. Menteri Pemerintah Regional Brussels, Belgia, Elke Van den Brant
  2. Kepala Dinas Transportasi Medelin, Kolombia, Carlos Gardena Caitan
  3. Manajer Transportasi dan Mobilitas Publik Lviv, Adriy Bilyy
  4. Menteri Transportasi Ethiopia, Dagmawait Moges
  5. Managig Director Capital Region Urban Transport Odisha, India, Arun Bothra
  6. Pendiri Space X dan Tesla, Elon Musk
  7. Deputi General Manager Shenzen Bus Corp, China, Joe Ma
  8. Insinyur Lalu Lintas, Seattle, Amerika Serikat, Dongho Chang
  9. Kepala Dinas Mobilitas Bogota, Kolombia, Nicolas Estupian
  10. Walikota Tirana, Albania, Erion Veliaj
  11. Kepala Bagian Jalan dan Taman di Fridrichshain Kreuzberg, Berlin, Jerman, Felix Weisbrich
  12. Mantan Penasihat Kota Eksekutif untuk Perencanaan Kota, Lalu Lintas dan Transportasi, Perlindungan Iklim, Perencanaan Energi dan Partisipasi Publik di Wina, Austria, Birgit Hebein
  13. Wali Kota Porto Alegres, Brasil Nelson Marchezan Junior
  14. Walikota Paris, Prancis, Anne Hidalgo
  15. Walikota bidang Sepeda, Mexico City, Meksiko, Areli Carreon
  16. Direktur Transportasi, San Fransisco Municipal Transportasi Agency, Jeffrey Tumlin
  17. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
  18. Mantan Walikota Kochi, India, Zannatul Ferdous
  19. Gubernur Mombasa, Kenya, Hassan Ali Joho
  20. Wali Kota Singra, Bangladesh, Zannatul Ferdous
  21. Ketua Komite Transportasi di Parlemen Uni Eropa Karima Delli
Baca juga :  Covid-19, Pemprov DKI Perpanjang Penutupan Pasar Tanah Abang Hingga 19 April 2020

Melalui pencapaian yang didapatkan dalam 21 Heroes 2021 tersebut, Gubernur Anies Baswedan mengatakan hal itu merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan juga kolaborasi dengan berbagai pihak sehingga perencanaan sistem transformasi transportasi berjalan dengan baik. (Hifziyah)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...