Home Nasional Politik Partai Baru Mulai Mendaftarkan Diri ke KPU, Ada Partai Loyalis Anas Urbaningrum

Partai Baru Mulai Mendaftarkan Diri ke KPU, Ada Partai Loyalis Anas Urbaningrum

TELENEWS.ID – Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) merupakan partai baru yang didirikan oleh mantan sekretaris jenderal (sekjen) Partai Hanura, Gede Pasek Suardika. Sekalipun Gede Pasek merupakan kader dari partai Hanura, dirinya merupakan loyalis dari Anas Urbaningrum yang merupakan mantan kader partai Demokrat pada tahun 2010 yang terjerat kasus korupsi. Pada akhir 2021 lalu, PKN dinyatakan sah dan berbadan hukum oleh kementerian hukum dan HAM.

Menurut Gede Pasek sendiri, dirinya hanya loyalis Anas Urbaningrum sejak bersama-sama di partai Demokrat dan masih banyak loyalis Anas, yang merupakan mantan kader partai Demokrat, yang saat ini sudah memilih bergabung dengan partai baru ini. Dirinya sudah meminta Anas untuk mendirikan partai ini untuk bersama berpartisipasi membangun negeri ini ke arah yang lebih baik. Selain mantan kader partai Demokrat, ada juga loyalis Anas yang merupakan mantan kader partai Hanura serta perhimpunan Pergerakan Indonesia serta aktivis Cipayung.

Ketua umum PKN, Gede Pasek mengkonfirmasi bahwa partainya akan mendaftarkan diri ke komisi pemilihan umum (KPU) pada Selasa, 2 Agustus 2022 pukul 14.00 WIB, sebagai peserta pemilu 2024 mendatang. Hal ini juga dikonfirmasi benar oleh Komisioner KPU, August Mellaz.

Sementara itu pada hari pertama pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024, Senin (01/08/2022) kemarin, tercatat sudah ada 4 partai baru yang telah mendaftarkan diri. Sembilan partai baru tersebut antara lain Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Negeri Berdaulat (Pandai), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Sedangkan partai senior yang juga sudah mendaftarkan diri ke KPU antara lain PDI-P, Partai Keadilan Sosial (PKS), Partai Nasdem, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Namun dari semua partai yang sudah mendaftarkan diri tersebut, baru ada 6 partai yang sudah lolos kelengkapan dokumen administrasi oleh KPU yaitu PDI-P, PKS, PKP, Perindo, Nasdem, dan PBB. Sementara sisanya belum selesai dan masih dalam proses pemeriksaan. Selanjutnya pada tanggal 2-11 September 2022 mendatang, KPU akan melakukan proses verifikasi kepada seluruh partai politik yang telah mendaftar. (Angela Limawan)

Baca juga :  Anggota Komisi I DPR minta Kemenlu Investigasi Kematian ABK Indonesia di Kapal China
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...