Home Daerah Pekan Paralympic Daerah Kota Padang Diikuti 193 Atlet Disabilitas

Pekan Paralympic Daerah Kota Padang Diikuti 193 Atlet Disabilitas

TELENEWS.ID – Sebanyak 193 atlet disabilitas ikut ambil bagian pada gelaran Pekan Olahraga Paralympic Daerah (Peparpeda) Kota Padang 2021, Rabu (2/6) sampai dengan Kamis (3/6) di Stadion H. Agus Salim, Padang. Terdapat lima cabang olahraga yang diperlombakan, yaitu cabang atletik, renang, bulutangkis, tenis meja dan cabang boccia.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang selaku penyelenggara memilih tetap menggelar Peparpeda di tengah pandemi Covid-19 untuk memberikan motivasi kepada penyandang disabilitas di daerah tersebut.

Kepala Disparpora Kota Padang Mursalim berharap, melalui kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut, penyandang disabilitas dapat mengangkat harkat dan martabatnya serta menumbuhkan kepercayaan diri dan semangat hidup.

“Tujuannya supaya mereka dapat melupakan kekurangan fisik dan mental yang mereka alami,” katanya.

Melalui Peparpeda tahun ini, Disparpora Kota Padang ingin menciptakan atlet paralympic yang akan mewakili Kota Padang di tingkat nasional dan internasional nantinya.

Menurutnya, kelompok disabilitas merupakan aset bangsa yang perlu dikembangkan dan diberdayakan. Mursalim menegaskan, keterbatasan fisik dan mental mereka harus ditingkatkan, demikian juga kesehatan, kebugaran dan gairah hidupnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah lewat olahraga.

Atlet-atlet disabilitas yang nantinya berhasil keluar sebagai juara pada Peparpeda 2021 ini juga akan dibina Disparpora untuk membantu atlet tersebut bersiap tampil di ajang yang lebih tinggi, seperti tingkat provinsi ataupun nasional.

Pembinaan Terhadap Atlet Disabiltas Telah Dilakukan

Mursalim menjelaskan, sebelum Peparpeda dilaksanakan, pihaknya juga sudah melakukan pembinaan terhadap atlet penyandang disabilitas yang dinilai memiliki potensi.

Khusus untuk cabang olahraga renang, Dispora Padang menggratiskan atlet berprestasi masuk dan latihan renang secara rutin di kolam renang Teratai.

“Kita membebaskan setiap atlet berprestasi menggunakan kolam renang Teratai untuk latihan renang,” kata Mursalim.

Baca juga :  Menelusuri Jejak Bali Aga; Suku Asli Penghuni Pulau Dewata

Dia berharap, dengan kebijakan ini prestasi renang mereka bisa mencapai level nasional maupun internasional.

Mursalim mengungkapkan untuk menciptakan atlet berprestasi tidak terlepas dari unsur-unsur seperti pelaku olahraga itu sendiri, pelatih, sarana dan prasarana, ketersediaan dana untuk mendukung prestasi, pengurus cabang olahraga, dukungan keluarga dan dukungan dari pemerintah sendiri.

“Melalui olahraga atlet disabilitas juga dapat berprestasi mengharumkan nama keluarga, daerah, bangsa dan negara sebagaimana warga negara yang normal lainnya baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional,” tutur Mursalim. (Taufik)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...