Home Ekonomi Pariwisata Pelesir Ke Sekumpul; 'Curug Kembar' Mempesona Kebanggaan Singaraja

Pelesir Ke Sekumpul; ‘Curug Kembar’ Mempesona Kebanggaan Singaraja

TELENEWS.ID – Terletak di kabupaten Buleleng, Singaraja, air terjun Sekumpul menyuguhkan kesegaran alam yang memukau dan memanjakan mata. Lokasinya yang tersembunyi serta bentuk air terjun yang unik membuatnya dijuluki salah satu tempat wisata alam terindah di Pulau Bali.

Sesuai dengan namanya, curug Sekumpul terdiri dari tujuh aliran air terjun yang berbeda. Wisatawan asing juga mengenalnya dengan nama ‘seven-point waterfall’, sementara penduduk lokal setempat menyebutnya air terjun Pemuatan.

Dari tujuh air terjun yang membentuk Sekumpul, hanya ada dua saja yang letaknya berdekatan dengan jalan utama dan relatif mudah dicapai. Dua air terjun itu pun sudah bisa dikatakan cukup unik, karena warna airnya yang berbeda. Pada saat musim hujan, mata air yang kiri akan berwarna jernih karena berasal dari perbukitan, sementara yang kanan berwarna kecoklatan karena mengalir dari dataran rendah dan melewati Desa Sekumpul.

Shopie

Karena letaknya yang berada di dalam hutan, diperlukan persiapan fisik yang cukup baik untuk berkunjung ke air terjun Sekumpul. Anda harus melalui banyak tangga licin dan menyebrang sungai beraliran deras setinggi paha orang dewasa.
Terdapat sekitar 350 anak tangga yang harus anda lalui untuk menuju air terjun Sekumpul. Jika merasa lelah, segeralah beristirahat di sebuah Gazebo yang ada di tengah perjalanan.

Setelah berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, keindahan alam asri di air terjun Sekumpul sudah menanti anda. Dua air terjun yang berdampingan menjatuhkan air dalam jumlah besar dari atas tebing tinggi, udara sejuk serta atmosfir sunyi semakin menambah nuansa ‘magis’ tempat ini.

The Trip Corner

Siapkan kamera untuk mengabadikan setiap momen, dan juga baju berenang buat anda yang ingin berbasah-basahan menikmati kesegaran kolam air yang terbentuk di dasar curug ini. Terkadang, bila mentari sedang cerah-cerahnya bersinar, anda akan melihat seutas pelangi melengkung indah di atas air terjun.

Baca juga :  Peningkatan Pariwisata Garut Jadi Prioritas Kemenparekraf

Untuk mencapai daerah air terjun Sekumpul, anda bisa berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai dan menempuh jalan Denpasar-Singaraja dengan waktu sekitar 2 jam 36 menit. Namun dari kota Buleleng, bisa ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit saja. Persiapkan fisik serta kendaraan anda karena kondisi medan ke Desa Sekumpul yang cukup menantang. Tetap ekstra hati-hati ya! (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....