Home Daerah Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk, Kehangatan di Tengah Sejuknya Gunung Sibayak

Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk, Kehangatan di Tengah Sejuknya Gunung Sibayak

TELENEWS.ID – Apabila Anda melakukan perjalanan ke Berastagi, Sumatera Utara, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke pemandian air panas Sidebuk-debuk yang berada di antara gagahnya Gunung Sibayak.

Pemandian air panas ini berlokasi di Desa Semangat Gunung, yang hanya memakan waktu 30 menit dari Berastagi.

Ketika dalam perjalanan menuju tempat pemandian ini, Anda akan disuguhkan pemandangan Gunung Sibayak dan ladang pertanian milik masyarakat setempat, yang tentunya menyejukkan mata dan menyegarkan pikiran.

Udara yang sejuk bahkan cenderung dingin akan Anda rasakan ketika tiba di area pemandian Sidebuk-debuk, karena desa ini berada di ketinggian 2.100 km dari permukaan laut. Sehingga, menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menghangatkan tubuh dengan berendam di pemandian air panas ini.

Pemandian air panas ini dikelola oleh Pemerintah Daerah dan juga masyarakat setempat. Aliran air panas belerang disini dialirkan langsung dari pancuran gunung Sibayak melalui pipa-pipa yang dialihkan ke kolam pemandian.

Belerang sendiri diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, yang bisa digunakan untuk pengobatan tradisional bagi orang yang memiliki masalah kulit, seperti berjerawat, alergi, panu, kadas, ataupun kurap.

Air di dalam kolam pemandian ini memiliki aroma khas, yakni beraroma sulfur atau belerang. Sebagian orang mungkin tidak suka dengan aroma tersebut, namun hal itu tidak terlalu mengganggu mengingat khasiat yang banyak didapatkan dan kehangatan yang bisa dinikmati di pemandian air panas tersebut.

Kolam pemandian air panas Sidebuk-debuk ini lebih ramai dikunjungi pada malam hari, karena semakin gelap, udara di tempat ini semakin dingin. Ada beberapa tempat pemandian yang membukanya selama 24 jam, namun ada juga yang membatasinya hingga pukul 24.00 WIB.

Baca juga :  Wisata Sehat Berbasis Rempah Nusantara

Adapun biaya masuk ke tempat wisata ini terbilang cukup murah, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp5.000 sampai dengan Rp10.000 untuk dapat menikmati wisata ini.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner yang banyak dijajakan di tempat ini, seperti nasi khas Karo dan juga mie rebus, yang tentunya sangat nikmat disantap di tengah cuaca dingin seperti ini. Kemudian ada juga beragam merchandise berastagi, serta baju hangat yang dijual di area wisata ini.

Kawasan ini juga banyak menyediakan penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam disini. Akses menuju kawasan wisata ini juga cukup mudah, karena dapat diakses dengan menggunakan angkutan umum, juga kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor.

Baca juga :  Hakim PTUN Medan Mendadak Meninggal Dunia

Untuk itu, pemandian air panas Sidebuk-debuk ini sangat cocok dimasukkan ke dalam list bagi Anda yang berencana berlibur atau sekedar berkunjung ke Berastagi, Karo, Sumatera Utara. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...