Home Nasional Pembahasan Omnibuslaw Terus Dilakukan, KSPI : Buruh Akan Demo DPR pada 30...

Pembahasan Omnibuslaw Terus Dilakukan, KSPI : Buruh Akan Demo DPR pada 30 April 2020

TELENEWS.id, JAKARTA – Presiden KPSI,  Said Iqbal mengatakan,  dalam aksi ini,  para buruh akan menyuarakan penolakan atas pembahasan omnibus law RUU Cipta Kerja. 


Iqbal mengungkapkan,  DPR seharusnya memberikan empati yang sungguh-sungguh kepada masyarakat dengan fokus menghadapi wabah corona dan PHK besar-besaran yang saat ini terjadi. 

“Banyak puluhan ribu buruh terus mengirimkan WA dan SMS kepada para pimpinan DPR RI agar menghentikan pembahasan omnibus law,  bahkan jumlah akan mencapai ratusan ribu, ” kata Iqbal, di Jakarta,  Kamis (9/4/2020).

Dia menegaskan bahwa, jika aspirasi buruh melalui WA dan SMS tidak ditanggapi DPR,  maka pada 30 April ribuan buruh akan datang langsung untuk menyampaikan aspirasi. 


Ia menerangkan bahwa ada dua hal yang lebih penting yang dibahas DPR,  ketimbang membahas omnibus law RUU cipta Kerja. 

Menurut dia,  yang pertama DPR bersama pemerintah fokus memikirkan cara yang efektif dan cepat dalam mengatasi penyebaran Covid-19.

Salah satunya dengan meliburkan buruh dengan tetap membayar upah penuh. Sebagao langkah pysical distancing. Namun sampai saat ini buruh masoh bekerja di perusahaannya sehingga mereka terancam nyawanya.

Kemudian,  kedua,  DPR sebaiknya fokus memberikan masukan terhadap pemerintah denyan melakukan fungsi pengawasan dan legalisasi terhadap ancaman PHK terhadap puluhan hingga ratusan buruh. 
Ia menyebutkan,  beberapa perusahaan seperti Okamoto di Mojokerto, Transformer dan Gransindo di Serang,  perusahaan tekstil di Bandung,  retail seperti Ramayana,  sampai perhotelan dalam proses PHK. 


“karena hal itu,  KPSI meminta agar DPR fokus pada penanganan pandemi Covid-19 dan potensi ratusan ribu buruh yang kehilangan pekerjaan,  serta dampaknya Covid -19 juga dirasakan oleh pedagang kaki lima,  pengemudi ojek online,  dan masyarakat lain yang kehilangan mata pencarian, ” ungkapnya. 

Baca juga :  Kontroversi Pelat Nomor Khusus Anggota DPR dan Aturannya


Dia meminta kepada DPR agar pemerintah memperbesar anggaran untuk memberikan insentif bagi buruh,  pedagang atau masyatakat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...