Home Nasional Pemerintah Sebut Ada 2 Kriteria Daerah Dapat Terapkan Protokol New Normal

Pemerintah Sebut Ada 2 Kriteria Daerah Dapat Terapkan Protokol New Normal

TELENEWS. Id,  JAKARTA – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan,  ada dua kriteria daerah yang dapat menerapkan protokol tatanan normal atau new normal. 

“Untuk daerah -daerah yang nantinya akan dibuka bisa kami sampaikan ada 2 kriteria disini, ” kata Doni usai rapat dengan Presiden Jokowi di Jakarta melalui daring,  Rabu (27/5/2020).

Doni menjelaskan bahwa dua kriteria daerah tersebut salah satu adalah tidak ditemukannya kasus Covid-19. Daerah yang memiliki peluang diizinkan untuk membuka kembali wilayahnya sebanyak 87 kabupaten kota yang terdiri dari 65 di wilayah daratan dan 22 di wilayah kepulauan. 

Namun,  lebih jauh dia mengungkapkan,  daerah tersebut harus steril dari Covid-19.

“Ya daerah-daerah itu hampir steril dari ancaman Covid-19 tetapi belum tentu selamanya akan tetap aman, ” ujarnya. 

Selain itu,  Doni menyampaikan pada minggu lalu,  pihaknya telah berkomunikasi dengan Bupati dan Wali Kota untuk menanyakan wilayah setempat yang bisa aman dari Covid-19.

Dia menceritakan,  bahwa dari paparan kepala daerah, munculnya tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat yang tinggi. 

Selain itu,  kata dia, kerjasama antara tokoh-tokoh yang ada di daerah baik pemerintah dari pemerintah maupun unsur-unsur tokoh-tokoh non formal lainnya sampai ke tingkat RT dan RW. 

“Kemudian adanya sejumlah daerah yang terisolasi sehingga aman dari Covid-19 termasuk daerah-daerah yang relatif sangat jarang dikunjungi oleh dari luar, ” jelasnya. 

Lebih lanjut dia menuturkan, kriteria kedua yaitu wilayahnya yang berada di zona hijau yang akan dibuka kembali. Dia juga mengaku ada penurunan kasus Covid-19 yang terjadi di sejumlah selama sepekan terakhir ini. 

Ia menambahkan,  daerah yang zona hijau adalah daerah-daerah yang ada kasus, namun dalam beberapa minggu terakhir ini mengalami penurunan sesuai dengan standar yant sudah ditentukan oleh WHO. 

Baca juga :  Pasien Sembuh Covid-19, Bertambah 243 orang

Kriterianya adalah masalah kesehatan masyarakat yang meliputi epidemiokogis survelians kesehatan masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...

Kompetisi Sepak Bola Dalam Negeri Malah Meredam Prestasi di Kancah Internasional

TELENEWS.ID – Sepak Bola merupakan salah satu olahraga peringkat pertama yang menjadi favorit bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Pesta sepak bola di...