Home Nasional Pemerintah Terapkan PPKM Darurat, Menpan RB Siapkan Aturan Kerja Baru Untuk ASN

Pemerintah Terapkan PPKM Darurat, Menpan RB Siapkan Aturan Kerja Baru Untuk ASN

TELENEWS.ID – Pemerintah secara resmi telah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang akan berlangsung pada 3-20 Juli 2021 untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali.

Menindaklanjuti hal tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang pedoman sistem kerja untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Aturan kerja baru bagi ASN ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN RB No 14 Tahun 2021 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Aparatur Negara pada Masa PPKM Darurat, khususnya untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali.

SE ini sudah ditetapkan oleh Tjahjo pada Jumat (02/07/2021), diharapkan dengan adanya SE tersebut ASN bisa bekerja sesuai dengan ketentuan dari Pemerintah Pusat, terkait dengan penerapan PPKM Darurat. Dimana ASN memang masih tetap bekerja namun dengan proporsi lebih banyak diterapkan Work From Home (WFH).

“Sektor non esensial menjalankan tugas kedinasan di rumah / tempat tinggalnya (work from home) secara penuh atau 100 persen dengan tetap memperhatikan sasaran kinerja dan target kerja pegawai yang bersangkutan” Kutip dari isian Surat Edaran tersebut.

Namun diberikan pengecualian pada lembaga/kementerian dari sektor non esensial, tetap bisa bekerja di kantor atau work from office namun dengan jumlah yang sangat dibatasi dan harus mendapatkan persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian. Selain itu, ASN yang bekerja di kantor juga harus dipilih secara selektif dan memiliki akuntabilitas dalam bekerja.

Sedangkan untuk ASN yang bekerja di sektor esensial tetap diperbolehkan untuk bekerja di kantor dengan ketentuan WFO maksimal 50 persen dari kapasitas kantor. Dimana tetap memprioritaskan kesehatan dan penerapan protokol kesehatan (ketat) dengan pengetesan secara berkala.

Baca juga :  Aplikasi Livin Down, Mandiri Tebar Diskon

Lain halnya dengan ASN yang bekerja di sektor kritikal, dimana diharapkan untuk tetap memberikan pelayanan secara maksimal, sehingga masih diperbolehkan untuk WFO dengan kapasitas 100 persen ASN di kantor namun tetap melakukan prokes ketat. Hal ini tertuang dalam pedoman Instruksi Menteri Dalam Negeri No 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat Corona Disease 2019 di Wilayah Jawa dan bali.

Para ASN yang memang harus menerapkan WFO diharapkan untuk menerapkan prokes ketat. Selain itu Pejabat Pembinaan Kepegawaian diharapkan untuk melakukan pemantauan secara berkala, tentang kinerja dari ASN, sehingga tetap mencapai sasaran dan target yang sudah diterapkan sebelumnya.

Baca juga :  Aplikasi Livin Down, Mandiri Tebar Diskon

Apakah adanya pembatasan kinerja ASN di masa PPKM Darurat ini akan memberikan dampak negatif atau positif? Pasalnya fokus ASN akan bercabang antara menyelesaikan pekerjaan hingga masalah yang ada di rumah. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...