Home Infrastruktur Pemkot Batam Prioritaskan Infrastruktur di Bidang Telekomunikasi

Pemkot Batam Prioritaskan Infrastruktur di Bidang Telekomunikasi

TELENEWS.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jefridin mengungkapkan bahwa pemerintah daerah setempat saat ini tengah membangun dan meningkatkan daya saing daerah sebagai kawasan ekonomi dan investasi. Untuk itu, infrastruktur di bidang telekomunikasi menjadi salah satu prioritas utama.

Selain itu, pembenahanan sektor transportasi dengan peningkatan kualitas akses jalan, pelabuhan laut dan pelabuhan udara juga masuk dalam priotas Pemerintahan Kota (Pemkot) Batam di bawah pimpinan Wali Kota Muhammad Rudi.

Pengembangan kawasan-kawasan investasi baru dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) terus digodok bekerjasama dengan sektor swasta. Sektor digital, yakni pengembangan KEK Nongsa Digital Park yang diharapkan akan mendorong industri digital di Batam.

Tidak hanya itu, sejumlah pengembangan infrastruktur telekomunikasi lainnya seperti rencana pembangunan Pusat Data Nasional yang berada di Trans Barelang atau di Nongsa serta rencana Telkomsel untuk menjadikan Batam sebagai lokasi pilot project teknologi jaringan 5G.

“Tentunya ini akan semakin meningkatkan daya saing Kota Batam. Rencana-rencana besar ini akan terus didukung oleh Pemerintah Kota Batam, sebagaimana dukungan terhadap program Palapa Ring Wilayah Barat beberapa tahun yang lalu,” jelas Jefridin.

Dia menilai bahwa Batam memiliki keunggulan geo-strategis karena berdekatan dengan Singapura dan Johor-Malaysia. Karena itu daya saing Batam tidak hanya dinilai pada kancah nasional, akan tetapi juga diharapkan mampu mengimbangi kedua negara tetangga tersebut.

Pelaksanaan pelayanan pemerintah juga harus bisa menyesuaikan diri dengan lajunya digitalisasi. Birokrasi dilayani secara online dan mengurangi tatap muka, sehingga diharapkan dapat menjadi lebih efisien dan transparan.

Dalam hal ini, ia mengabarkan bahwa Pemkot Batam telah dan terus meningkatkan pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan dengan memanfaatkan TIK seperti pada pelayanan perizinan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Batam, penerapan transaksi non tunai pada bidang pendapatan dan belanja, penggunaan tapping box untuk memaksimalkan pendapatan sektor pajak dan mendorong penggunaan QRIS.

Baca juga :  KemenPUPR Tingkatkan Kualitas Permukiman 3 Kabupaten di Sulawesi Selatan

“Di era digital ini tidak dapat dipungkiri mengharuskan kita melek teknologi. Dibutuhkan kecakapan-kecakapan dasar baik bagi aparatur pemerintah maupun masyarakat untuk mengisi ruang digital. SDM yang menguasai Teknologi Informatika menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi,” lanjutnya.

Dia menyebut, Pemkot Batam menyambut baik pelaksanaan Program Literasi Digital secara massif di seluruh wilayah Indonesia. Tidak lupa ia mengapresiasi atas dipilihnya Kota Batam menjadi salah satu dari 20 kota dan kabupaten yang menyelenggarakan acara tersebut secara daring dan luring.

Baca juga :  Demi Pembinaan Jasa Kontruksi, KemenPUPR Akan Seleksi Calon Pengurus LPJK Periode 2021-2024

“Semoga dengan kegiatan ini dapat menghasilkan SDM-SDM bertalenta tinggi di bidang fotografi dan membuka peluang pasar digital baru untuk kemajuan negara dan bangsa,” pungkasnya. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...