Home Gaya hidup Pemkot Jogja Beri Terobosan Layanan Konsultasi Keluarga via Daring, Simak Faktanya Berikut...

Pemkot Jogja Beri Terobosan Layanan Konsultasi Keluarga via Daring, Simak Faktanya Berikut Ini

TELENEWS.ID – Layanan konsultasi via daring menjadi satu solusi untuk memotong jarak antara pihak berwenang ke masyarakat.

Mewujudkan akses lebih mudah, pihak Pemkot (Pemerintah Kota) Yogyakarta terus memberi terobosan dengan memberi layanan terbaru berupa konsultasi keluarga via daring.

Program daring tersebut menjadi wujud layanan aplikasi Sila Eling.

“Layanan konsultasi ini terintegrasi dengan Puspaga atau Pusat Pembelajaran Keluarga. Jadi masyarakat bisa melakukan konsultasi berbagai permasalahan keluarga secara daring melalui aplikasi,” kata Edy Muhammad selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta, pada Kamis 4 Agustus 2022 dilansir dari halaman iNews.id.

Bentuk layanan dari Sila Eling tersebut menjadi salah satu bagian menu di aplikasi Jogja Smart Service atau JSS. Sehingga bisa dikatakan aplikasi Silang Eling ini menjadi wujud layanan daring Pemerintah Kota Yogyakarta.

Rencananya dari layanan aplikasi Silang Eling akan dirilis pada Sabtu 6 Agustus 2022 yang mana bertepatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Yogyakarta.

“Layanan ini sebagai alternatif layanan konsultasi yang melengkapi layanan lain. Masyarakat tidak perlu datang langsung tetapi bisa berkonsultasi secara daring,” kata Edy.

Edy juga memastikan kembali bahwa semua data kerahasiaan dan data pribadi masyarakat pengakses Sila Eling tersebut akan terjaga keamanannya.

Bukan hanya dari meluncurkan Sila Eling saja, Pemerintah Kota Yogyakarta juga menyediakan layanan pelayanan konsultasi hingga laporan setiap tindak kejahatan di skala rumah tangga dengan merilis Telepon Sahabat Keluarga hingga menu aplikasi Sikap terkoneksi dengan JSS.

Bentuk fasilitas layanan konsultasi masih diperlukan guna memberi poin penting bagi masyarakat dalam menghadapi dan mengatasi berbagai masalah di sektor keluarga.

Pemkot Yogyakarta juga merilis Puspaga sebagai wujud bantuan kepada masyarakat untuk menyelesaikan setiap konflik setiap keluarga.

Baca juga :  5 Tips Atasi Kecemasan Berlebihan Terkait Kabar Masuknya Varian Omicron ke Indonesia

Tujuan adanya Puspaga ini adalah mengurangi angka tindak kekerasan di skala rumah tangga, kekerasan di skala usia anak, perempuan hingga mengurangi terjadinya pernikahan dini.

Terdapat layanan Puspaga yang mana memiliki jejaring bersama layanan psikolog di 18 Puskesmas Kota Yogyakarta.

Puspaga dan Silang Eling sendiri diharapkan bisa mengurangi dan menekan angka kasus kekerasan hingga pernikahan di usia anak Kota Yogyakarta.

Perlu diketahui bahwa terdapat catatan kasus kekerasan terhadap anak di Yogyakarta sebanyak 29 kasus, kemudian terdapat 40 kasus kekerasan terhadap anak pada tahun lalu.

Baca juga :  Daripada Bayar 80 Juta Seperti Raffi Ahmad, Ikuti 5 Cara Ini untuk Kurangi Risiko Saraf Kejepit

Namun, dari angka kasus pernikahan dini di Yogyakarta masih cukup tinggi yakni 64 kasus untuk tahun lalu. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...