Home Metropolitan Pemohon Keluhkan Situs SIKM Online DKI Jakarta Sulit di Akses

Pemohon Keluhkan Situs SIKM Online DKI Jakarta Sulit di Akses

TELENEWS. id. JAKARTA-  Hingga saat ini masih banyak Warga DKI Jakarta atau pemohon yang mengeluhkan pembuatan Surat Izin Keluar- Masuk Wilayah DKI Jakarta ( SIKM). 


Salah satunya adalah Bagner seorang warga Cengkareng, Jakarta Barat ini,  mengaku telah melakukan pembuatan SIKM sejak 12 Juni 2020, tetapi hingga saat ini juga belum bisa diakses.


“Saya sudah membuat SIKM pada tanggal 12 Juni 2020 dari pagi pukul 7.30 sampai saat ini tidak bisa diakses namun saat dikonfirmasi ke pihak Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jakarta Barat, namu  pihak PTSP Jakbar menyampaikan banyak yang sedang antri buat SIKM , sehingga sulit diakses situs SIKM, ” kata Bagner kepada telenews.id. Minggu (14/6/2020).

Bagner menyebutkan,  saat dikonfirmasi terkait  permasalahan tersebut,  pihak  dari PTSP Jakarta Barat tidak memberikan solusi dan  hanya memberikan jawaban bahwa  untuk mencoba kembali mengakses tanpa ada penjelasan yang memuaskan.

 
“Mereka (PTSP)  hanya menjawab tetap antri meski data sudah bisa diupload dan sudah summit dan tetap antri, saya rasa itu tidak masalah tetapi kenapa tidak bisa diupload bagaimana solusi dari PTSP, ” keluh Bagner. 


Ia berharap agar masalah ini cepat diatasi karena dengan kendala ini,  akan mengganggu kerjanya dalam menjalankan tugas ke luar kota karena harus mundur karena surat SIKM belum jadi. 

“Saya harap masalah ini juga harus dipikirkan Pemprov DKI agar tidak menjadi kendala bagi warga DKI jakarta yang ingin mengurus SIKM, ” jelasnya. 
Bahkan,  ia menceritakan hal ini juga bukan terjadi pada dirinya melainkan pihak karyawan di perusahaan lainnya yang mengalami hal serupa. 

Laporan Soal Layanan SIKM Online Bermasalah


Sementara itu,  beberapa waktu lalu,  Ketua Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya,  Teguh P Nurgoho mengingatkan agar pelayanan SIKM lebih diperhatikan

Baca juga :  TNI AU Melakukan Rekayasa Cuaca untuk Memindahkan Hujan

Terkait dengan SIKM, munculnya beberapa masalah terkait dengan layanan daring telah menyulitkan para pengaju SIKM untuk memanfaatkan layanan tersebut.
 

“Laporan yang masuk ke kami terkait layanan SIKM diantaranya gangguan pada server karena proses maintenance, jawaban email yang lambat, dan call centre yang sibuk,” tutur Teguh. 


Ombudsman menemukan masalah gangguan server ,selain terjadi karena perawatan rutin server tapi juga disebabkan oleh banyaknya pengajuan SIKM dari warga. 


“Ada banyak warga Jabodetabek yang seharusnya tidak perlu mengajukan SIKM untuk bepergian di seputar Jabodetabek, tetap mengajukan,” kata Teguh.
 Hal yang sama berlaku untuk call centre yang sering bernada sibuk disebabkan karena tingginya traffic dari warga yang mengajukan pertanyaan.


Sementara proses yang tidak sesuai dengan perkiraan selama 1 (satu) hari kerja telah berdampak pada lambatnya proses persetujuan dan penolakan SIKM. Hal ini disebabkan oleh proses validasi dokumen yang dilakukan para petugas PTSP kepada pihak pemberi izin. 

Baca juga :  Mulai 17 Januari 2021, Tarif Tol JORR Naik


“Kami mengapreasi langkah PTSP untuk tidak dengan mudah mempercayai dokumen yang diberikan oleh para pengaju, agar pertistiwa kebocoran penumpang seperti yang terjadi di bandara tanggal 14 Mei yang lalu tidak terjadi, semua pengaju divalidasi,” lanjut Teguh.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Pergub Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Berdasarkan pergub baru itu, untuk bisa keluar masuk Jakarta, warga diharuskan membuat SIKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...